7 Cara Mengobati Mata Juling pada Bayi, Anak-anak dan Orang Dewasa

Cara Mengobati Mata Juling Pada Bayi, Anak-anak dan Orang Dewasa - Strabismus atau mata juling adalah salah satu gangguan pada mata dimana arah mata satu dengan lainnya tidak tampak sejajar. Contohnya : ketika seseorang kita ajak bicara, satu matanya tampak melihat ke arah kita namun mata lainnya melihat ke arah lain. Kondisi inilah yang disebut mata juling dan gangguan mata ini bisa terjadi pada usia manapun. Strabismus bisa menyebabkan penurunan binocular atau penglihatan stereo (3D), dan pada anak dapat berkembang menjadi mata malas (ambliopia).

Apa penyebab mata juling? apakah bisa disembuhkan dan bagaimana cara menyembuhkannya ?

Sebelum mengetahui penyebab mata juling, baiknya kita ketahui dulu jenis-jenisnya. Berikut adalah jenis-jenis dari mata juling :

Jenis-jenis mata juling

- Congenital : Jenis ini adalah faktor bawaan sejak lahir, biasanya disebabkan oleh virus yang menjadikan kelainan pada saraf dan otot mata ketika dalam kandungan.

- Phonia : Kondisi ini akan nampak terlihat jika seseorang dalam keadaan tubuh yang kelelahan dan jatuh sakit dalam waktu yang lama.
- Tropia : Untuk jenis ini kita melihat jelas bahwa orang tersebut menderita mata juling namun mereka tidak merasa ada kelainan dalam melihat obyek benda atau asimetris.
mengobati mata juling
davisjeeny picture

Penyebab mata juling

Saat ini belum diketahui apakah mata malas (ambliopia) adalah penyebab atau efek samping dari mata juling. Seseorang yang mengalami mata malas dan mata juling sama-sama dikarakteristikan oleh hilangnya penglihatan sentral. Namun biasanya mata juling disebabkan oleh sebuah tarikan yang tidak sama pada satu atau beberapa otot yang mempunyai fungsi menggerakan mata (strabismus non-paralitik). Nah gangguan otot pada mata ini biasanya disebabkan oleh adanya kelainan pada otak. Selain itu bisa juga disebabkan tidak berfungsinya otot penggerak yang diakibatkan dari pada kerusakan otak.

Selain itu mata juling juga bisa disebabkan faktor lain : seperti salah dalam memilih atribut atau alat bantu mata contohnya kaca mata. Sebelum anda membeli kaca mata sebaiknya periksa dulu kondisi mata anda. Apakah sesuai dengan kondisi mata anda yang sebenarnya ? Misalnya saja apakah anda punya kelainan pada retina mata dan hiperopia yang terlampau tinggi.

Katarak pada anak juga bisa menyebabkan mata juling yang biasanya bawaan dari lahir. Kondisi ini memungkinkan anak tidak dapat melihat obyek dengan normal walaupun mampu menangkap cahaya dengan baik. Untuk itu sangat penting mengetahui pencegahan katarak sejak dini agar terhindar dari kelainan saraf yang memicu munculnya mata juling.

Pengobatan mata juling

Banyak yang bertanya-tanya tentang kasus ini. Apakah mata juling bisa disembuhkan ? Jawabannya adalah : YA BISA ! Sekarang ini ada banyak metode penyembuhan, diantaranya adalah dengan metode terapi dan anda juga bisa memilih dengan jalan operasi atau bantuan medis kedokteran.

Seperti yang telah dikutip dari health detik, dr siti F,S. Rahmadhani , SP.M menjelaskan bahwa : "Kelainan mata juling dapat disembuhkan dengan jalan operasi, namun sebelum itu anda perlu tahu dulu apa penyebabnya, berkonsultasilah pada dokter spesialist mata. Selain itu perawatan dan pengobatan mata juling dan mata malas bisa juga melalui terapi dan memakai kaca mata."

Cara mengobati mata juling pada bayi dan anak-anak

Jika mata juling diderita oleh anak-anak sebenarnya cukup dengan melakukan terapi. Sedini mungkin anda harus melakukan metode ini, agar kemudian hari mata anak anda bisa kembali normal. Namun jika penyebabnya adalah pada otot mata, operasi adalah jalan yang bisa dilakukan untuk mengobati mata juling. Operasi dengan melakukan pembedahan pada otot mata yang terlalu panjang dan memperpendek jika otot mata terlalu pendek.

Pertanyaan disini : apakah penyembuhan mata juling dengan jalan operasi tidak akan beresiko ? jawabannya adalah : Ya ! dapat beresiko. Namun anda tidak perlu khawatir, karena operasi mata juling tidak akan sampai mengeluarkan bola mata. Pembedahan hanya dilakukan pada selaput putih mata saja. Beberapa resiko yang mungkin terjadi pada pembedahan mata juling diantaranya adalah infeksi, pendarahan dan kelebihan jaringan parut. Namun dengan adanya kecanggihan teknologi yang ada pada saat ini membuat resiko tersebut sangatlah jarang terjadi.

Jika kelainan mata juling diderita pada anak yang disebabkan oleh bawaan dari lahir, anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis mata. Pada umumnya mata juling bawaan dari lahir akan terlihat sejak bayi berumur 6 bulan.

Cara mengobati mata juling pada orang dewasa

Pengobatan mata juling pada orang dewasa sebenarnya bisa dilakukan dengan menutup salah satu mata. Anda dapat menutup mata yang juling dan membiarkan mata normal melihat. Ini berguna agar mata normal anda merangsang mata juling agar kembali normal. Lakukan secara rutin latihan ini, agar mata anda kembali normal.

Lain lagi jika anda menderita mata juling akibat refraksi. Jika memang benar ini masalahnya, anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter mata. Biasanya anda akan diberikan lensa kontak atau kaca mata untuk pengobatan.

Jadi kesimpulan untuk pengobatan mata juling adalah sebagai berikut :

1. Kaca mata prisma dan lensa kontak
Kaca mata khusus (kaca mata prisma) atau lensa kontak berguna menstabilkan pandangan dan meningkatkan daya tangkap mata serta ketajaman penglihatan terhadap cahaya yang terasa tidak sejjar bagi penderita mata juling. Hal ini bisa berlaku untuk usia apapun.

2. Tindakan operasi
Terkait menormalkan kesejajaran mata agar terlihat simetris dan mengubah ukuran, bentuk serta ukuran kelopak mata yang dinilai tidak proporsional, para dokter mata sering melakukan tindakan pembedahan atau operasi mata atau yang bisa disebut sebagai trabismus.

3. Tindakan terapi dan latihan fusi
Seperti yang sudah ditulis di atas bahwa mata dapat diobati dengan terapi dan latihan fusi. metode ini kerap menjadi pilihan yang paling diminati dibanding dengan jalan pembedahan atau operasi. Latihan fusi atau konvergen yaitu pembelajaran bagi anak-anak maupun dewasa yang bermata juling agar mampu menggunakan matanya secara bersamaan.

4. Cara tradisional
Selain tindakan operasi mata anda juga bisa menggunakan bahan-bahan dasar tanaman dan buah yang diracik menjadi jamu herbal yang diolah sedemikian rupa oleh seorang terapis atau ahli mata juling. Pengobatan mata juling dengan cara tradisional banyak diminati masyarakat ketimbang tindakan operasi. Selain biaya terjankau pengobatan dengan cara tradisional juga dinilai aman karena tidak menggunakan bahan kimia dab tidak mengakibatkan efek samping penggunaan.

5. Penutup mata khusus
Menggunakan penutup mata khusus menformulasikan mata normal agar mata juling dapat terangsang untuk aktif bergerak spontan dan dapat menangkap cahaya dengan baik. Menutup mata normal dapat meningkatkan sensitifitas saraf dan otot mata yang juling sehingga dapat mersepon dengan cepat obyek visual yang dilihatnya. Pengobatan ini sangat cocok diterapkan pada usia 18 tahun keatas.

6. Obat tetes mata
Anda bisa menggunakan obat tetes mata khusus mata juling agar juling dapat disembukan secara dini. Biasanya kondisi ini terjadi pada anak usia dini yang hanya memiliki mata juling hanya sebelah. Namun pengobatan mata juling ini harus dibarengi dengan latihan atau olahraga mata agar kekuatan saraf dan otot mata meningkat.

7. Obat Khusus mata
Jika mata juling disebabkan infeksi virus atau bakteri, contohnya toksoplasma. Toksoplasma biasanya ditularkan melalui kucing, daging mentah atau setengah matang juga menjadi penyebab mata juling yang diakibatkan oleh virus dan bakteri yang merusak jaringan otot mata.

Itulah ulasan tentang cara mengobati mata juling yang berhasil kami rangkum. Untuk info kesehatan mata terbaru lainnya, silahkan anda terus ikuti dan nantikan update artikel terbaru dari kami. Terima kasih dan semoga memberi wawasan baru kepada anda. Salam team muezaa.com..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Cara Mengobati Mata Juling pada Bayi, Anak-anak dan Orang Dewasa"

Posting Komentar