28 Cara Mengobati Sakit Mata Katarak Secara Alami

28 Cara Mengobati Sakit Mata Katarak Secara Alami  - Katarak merupakan gangguan kesehatan mata yang umumnya dialami oleh usia lanjut. Jika tidak ditangani dengan serius maka katarak bisa menyebabkan kebutaan dan cacat penglihatan seumur hidup. Penyakit mata ini ditimbulkan oleh noda putih pada lensa mata sehingga mengalami kekeruhan atau berkabut. Lensa mata yang keruh akan menghambat jalannya sinar dan tidak dapat terpantul dengan baik, sehingga lensa tidak dapat menangkap obyek secara utuh atau tidak terfokus. Biasanya penyakit katarak lebih banyak diderita oleh orang yang sudah berusia lebih dari 40 tahun dan mereka mempunyai catatan menderita penyakit diabetes.

Banyak penderita yang tidak menyadari bahwa dirinya telah mengalami gejala katarak bahkan mengidap penyakit katarak. Ketika awal terjadinya katarak kelainan pada lensa mata tidak terlalu berpengaruh, namun seiring berjalannya waktu secara perlahan penderita akan menyadari bahwa ia mengidap penyakit katarak ketika memasuki stadium akhir setelah 3-5 tahun kemudian.


cara mengobati sakit mata katarak


Gejala Awal Katarak

Pada stadium awal penderita mengalami beberapa sedikit gangguan kecil seperti penyakit mata lainnya, mata sering berair, gatal-gatal dan ketika malam tiba kemampuan penglihatan mulai melemah. Mata tidak mampu melihat dengan baik dan tidak dapat menahan silau cahaya atau kontak langsung dengan cahaya sehingga membuat mata dan kepala terasa nyeri.

Setelah beberapa tahun kemudian timbul noda putih pada bagian tengah lensa mata namun tidak sampai menutupi seluruh lensa mata. Jika sudah sampai stadium akhir maka noda putih tersebut akan menutupi seluruh lensa mata dan penderita akan kehilangan kemampuan dalam penglihatan.


Katarak immatur : lensa masih memiliki bagian yang jernih
Katarak matur : lensa sudah seluruhnya keruh.
Katarak hipermatur : ada bagian permukaan lensa yang sudah merembes melalui kapsul lensa dan bisa menyebabkan peradangan pada struktur mata yang lainnya. Kebanyakan lensa agak keruh setelah usia 60 tahun.

Berikut adalah tanda-tanda umum terjadinya gejala katarak

- Pandangan ke suatu objek akan terlihat kabur sehingga tidak mampu untuk melihat.
- Sensitif terhadap paparan sinar atau cahaya
-  Jika melihat objek benda hanya dapat dilihat oleh satu mata saja, objek atau cahaya terlihat ganda / double
- Membutuhkan pencahayaan yang cukup terang agar bisa membaca dan melihat
- Lensa mata terasa buram dan seperti lensa susu

Penyebab Terjadinya Penyakit Mata Katarak

Dari banyak kasus yang terjadi, umumnya penyakit ini terjadi pada usia lanjut dan bisa diturunkan. Pembentukan katarak bisa terjadi dengan cepat karena beberapa faktor, diantaranya seperti merokok atau bahan kimia bercaun lainnya.

Katarak juga bisa disebabkan oleh : cidera mata, penyakit metabolik seperti diabetes, obat kimia misalnya kortikosteroid. Katarak pada bayi terjadi akibat virus yang ditularkan ibu saat hamil. Namun yang paling sering terjadi adalah ketika seseorang sudah mengalami proses penuaan.

Hal-hal lain penyebab katarak

- Kadar kalsium dalam darah sangat rendah
- diabetes
- Secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama, mata terkena paparan sinar matahari tanpa adanya alat pelindung mata
- Sebelumnya pernah menjalani operasi mata
- Akibat kecelakaan yang mengenai bagian sekitar mata
- Faktor keturunan

Cara Mengobati Sakit Mata Katarak Secara Alami

Penyakit mata katarak dapat disembuhkan dengan jalan operasi, yaitu dengan cara menghilangkan atau pengangkatan noda putih pada lensa mata. Namun mengobati katarak dengan jalan operasi tidaklah menjamin 100 % akan sembuh. Biaya yang dikeluarkan juga cukup mahal bagi anda yang berpenghasilan "maaf" rendah. Biaya yang dibutuhkan untuk sekali melakukan operasi saat ini adalah kisaran tiga sampai lima juta rupiah dan belum lagi ditambah biaya pengobatan setelah melakukan pasca operasi. Tentu hal ini menjadi pertimbangan yang cukup berat bagi penderita pengidap katarak yang tidak mampu melakukan pengobatan terbaik.

Bagi anda yang tidak bisa mengobati katarak dengan jalan operasi anda dapat mengobati sakit mata katarak dengan cara alami. Itu akan lebih baik dan lebih aman untuk anda. Berikut ada 28 Cara Mengobati Sakit Mata Katarak Secara Alami  yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber :

1. Menkonsumsi Bawang Putih Setiap Hari

Anda bisa mencegah dan mengobati agar katarak tidak semakin parah. Salah satunya adalah dengan menkonsumsi bawang putih setiap hari. Bawang putih mengandung banyak sulfur dan glukosinates yang berperan sebagai antioksidan dan melawan radikal bebas. Radikal bebas ini sering menyerang bagian makula dan lensa mata yang menyebabkan katarak. Akan tetapi metode pengobatan dengan menkonsumsi bawang putih tidak bisa bekerja jika katarak sudah tahap stadium akhir.
.
Radikal bebas bersumber dari makanan yang mengandung bahan pengawet, sinar matahari dan sinar gadget atau komputer. Bawang putih bisa membersihkan mata dari noda putih yang menyebabkan penglihatan mata menjadi kabur. Untuk pengobatan anda bisa makan dua atau tiga siung bawang putih per hari. Jika anda tida bisa memakannya langsung anda cukup menambahkan bawang putih pada setiap masakan.

2. Makan Sayur Bayam

Bayam memiliki kandungan beta karoten yang bisa meningkatkan fungsi antioksidan. Bayam juga mampu memulihkan kesehatan makula mata dan bisa menghilangkan noda putih yang menyebabkan katarak. Selain menjadi favorit untuk anak-anak dan orang tua sayur bayam juga penuh akan manfaat untuk menjaga kesehatan mata.

3. Makan Brokoli Setiap Hari

Sayuran hijau lain yang dapat menyehatkan mata adalah brokoli. Brokoli mengandung banyak zat penting untuk menghambat pertumbuhan katarak dan bisa menyembuhkan katarak secara alami. Ada beberapa nutrisi penting brokoli yang bisa diambil manfaatnya untuk mengobati katarak, diantaranya adalah seperti  beta karoten, zeaxanthin, vitamin A, fosfor, vitamin C, vitamin E dan vitamin B. Selain itu nutrisi tersebut bagus untuk melindungi mata dari radiasi berbahaya. Makan brokoli yang sudah dimasak sebentar bisa menjaga mata dari kerusakan.

4. Mengkonsumsi Kale

Kale merupakan sayuran hijau segar yang menyehatkan, selain itu kale bisa menjadi salah satu makanan yang bisa menyembuhkan katarak. Disini kale memiliki vitamin C yang penting untuk mencukupi dan menjaga kesehatan mata. Kale juga memiliki bahan kalium yang penting untuk menjaga kesehatan jantung. Sayuran kale untuk penderita sakit mata katarak sebaiknya dimakan dengan cara dimasak sebentar agar nutrisinya tidak hilang. Kale akan melindungi kesehatan mata anda dengan berbagai kandungan nutrisi didalamnya.

5. Minum Jus Lemon

Jika anda penderita katarak dan anda penggemar jus buah, jus lemon merupakan pilihan yang tepat dalam membantu menjaga kesehatan mata. Karena jus lemon mengandung vitamin C dan vitamin A yang baik untuk makula mata. Anda bisa minum segelas jus lemon setiap hari dan ditambahkan satu sendok minyak zaitun kedalamnya. Kedua bahan tersebut mengandung antioksidan yang baik dalam menjaga agar katarak tidak semakin memburuk.

6. Minum Jus Wheatgrass

Saat ini minuman populer untuk menjaga kesehatan adalah jus wheatgrass. Minuman ini baik dalam menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, selain itu jus ini juga penting dalam menjaga kesehatan mata. Jus wheatgrass mengandung vitamin A dan vitamin E. Bahan-bahan ini berperan sebagai antioksidan yang akan membantu mengatasi kabut pada lensa mata. Jika anda tidak bisa menemukan tanaman wheatgrass alami maka anda juga bisa menkonsumsi suplemen herbal yang terbuat dari bahan wheatgrass.

7. Minum Jus Bilberry

Buah yang kaya akan kandungan bahan antioksidan lainnya adalah bilberry. Antosiain pada bilberry mampu mencegah kerusakan lensa dan retina mata. Untuk itu sangat dianjurkan bagi penderita sakit mata katarak menkonsumsi buah ini. Anda bisa minum jus bilberry tanpa gula atau zat pemanis lain. Karena lebih baik anda minum dalam keadaan yang alami tanpa adanya proses kimia yang dapat menyebabkan kerusakan nutrisi dalam buah bilberry.

8. Minum Jus Wortel

Sudah bukan rahasia lagi bahwa jus wortel merupakan minuman sehat yang bisa menjaga mata dari kerusakan akibat katarak. Menkonsumsi jus wortel secara teratur sangat penting untuk menjaga agar mata menjadi lebih sehat. Wortel memiliki beberapa nutrisi seperti beta karoten, vitamin A dan vitamin C. Zat-zat tersebut secara alami mampu mengikis katarak mejadi lebih tipis. Minum Jus wortel secara teratur juga baik untuk kesehatan organ tubuh lainnya.

9. Minum Jus Stroberi

Buah stoberi mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Diantaranya adalah  asam elagik, fenolik, vitamin C, vitamin A dan beberapa bahan flavonoid. Seperti golongan buah beri lainnya, buah stoberi sangat dianjurkan di konsumsi oleh orang yang menderita penyakit katarak terutama untuk orang lanjut usia.

10. Minum Jus Jambu Merah

Selain stoberi buah jambu merah juga memiliki rasa manis dan aroma khas yang bisa membantu mengobati penyakit katarak. Jambu merah mengandung vitamin C yang tinggi. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa buah yang mengandung banyak vitamin C akan sangat dalam memulihkan kesehatan mata yang buruk agar menjadi lebih baik. Vitamin C adalah sumber antioksidan yang mampu mengurangi pertumbuhan katarak akibat radikal bebas. Beberapa sumber radikal bebas seperti paparan sinar matahari, cahaya radiasi gadget atau layar komputer.

11. Makan Buah Kiwi

Buah kiwi memiliki rasa yang tidak disukai orang, buah ini memiliki tekstur rasa yang aneh dan asam. Namun jika anda mengetahui kandungan yang ada didalamnya maka anda disarankan untuk menkonsumsi buah ini terutama bagi penderita penyakit mata katarak. Buah kiwi mengandung beberapa zat yang bisa menjaga kesehatan mata diantaranya adalah vitamin C dan karotenoid. Zat-zat antioksidan yang sangat kuat ini penting sekali dalam menjaga mata dari kerusakan akibat peradangan.

12. Makan Buah Pepaya

Buah pepaya sangat baik dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Selain itu buah pepaya juga penting untuk mata agar terhindar dari kerusakan akibat katarak. Pepaya bisa mencegah penumpukan protein dalam mata sehingga mata terbebas dari katarak. Penderita katarak umumnya tidak bisa melakukan sintesa protein dengan baik, untuk itu dengan menkonsumsi buah pepaya secara teratur bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh sehingga protein berlebih penyebab katarak bisa teratasi.

13. Makan Paprika Kuning

Paprika kuning memiliki warna yang sangat menarik, selain itu paprika juga penuh akan manfaat. Makanan yang mengandung vitamin C ini sangat baik dalam menjaga mata dan lapisan makula dari kerusakan akibat radikal bebas. Paprika kuning juga bisa membantu mengobati katarak. Anda bisa menkonsumsinya dalam bentuk salad atau jenis olahan lainnya.

14. Makan Kacang Almond

Kacang almond juga direkomendasikan sebagai makanan untuk penderita katarak. Karena kacang almond juga mengandung antioksidan alami seperti vitamin E. Antioksidan pada kacang almond sangat penting dalam menjaga lapisan makula agar menjadi lebih sehat. Penelitian yang dilakukan dengan menkonsumsi kacang almond sekitar 50 gram maka akan membantu mengurangi resiko katarak yang memburuk.

15. Minum Susu Almond

Minuman ini menjadi populer, karena minuman ini baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi diet harian yang sempurna. Selain itu susu yang terbuat dari kacang almond yang mengandung sejumlah nutrisi yang penting untuk mata. Susu almond mengandung vitamin A, vitamin E dan bahan mineral seperti magnesium dan fosfor. Selain untuk diet dan untuk kesehatan mata, rutin menkonsumsi susu almond juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari dalam.

16. Kuning Telur

Kuning telur mengandung lutein dan zeaxathin yang bisa membantu mengatasi noda putih pada bagian lensa mata. Kedua bahan ini juga sangat baik dalam menjaga kesehatan makula. Gemar makan kuning telur sejak masih usia muda bisa mencegah katarak saat ia beranjak dewasa di kemudian hari.

17. Lemak ikan

Ada berbagai jenis ikan yang mengandung banyak lemak sehat untuk penderita katarak. Anda dapat menkonsumsi ikan salmon, ikan tuna dan ikan makarel sebagai menu utama untuk pengobatan penyakit mata katarak. Ketiga jenis ikan tersebut mengandung asam lemak omega 3 yang bisa melawan radikal bebas penyebab katarak. Bahkan kandungan tersebut juga penting untuk melindungi makula mata dari kerusakan.

18. Makan Biji Bunga Matahari

Makanan yang dikenal sebagai kuaci ini ternyata sangat bermanfaat untuk mengobati sakit mata katarak. Cemilan ini memiliki beberapa kandungan yang sangat penting untuk menyembuhkan katarak stadium awal. Kandungan biji bunga matahari meliputi vitamin E yang bisa dijadikan sumber antioksidan. Selain itu vitamin E juga bagus untuk perlindungan kulit.

19. Minum Segelas Teh Hijau

Sejak dulu teh hijau memang dikenal sebagai minuman yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Ternyata teh hijau juga berkhasiat untuk mengatasi permasalahan kesehatan secara khusus pada bagian mata. Ini karena teh hijau mengandung bahan yang penuh dengan sumber antioksidan. Katekin dan poligenol pada teh hijau mampu meningkatkan kesehatan mata dengan menghilangkan kabut yang menyebabkan katarak pada mata.

20. Minum Cukup Air Mineral

Secara tidak langsung kebiasaan minum air mineral juga sangat membantu dalam mengobati katarak. Khasiatnya memang tidak langsung terasa. Namun dengan cukup minum air maka akan membuat aliran darah dalam tubuh menjdi lebih baik. Air mampu melarutkan dan membuang semua racun yang bisa menyebabkan kerusakan pada bagian mata. Air juga bisa membantu proses metabolisme dengan memenuhi pasokan nutrisi ke bagian lensa dan lapisan makula sehingga dapat menghancurkan katarak.

21. Mengatur Kadar Gula Darah

Penyakit mata katarak tidak hanya terjadi pada orang lanjut usia namun juga bisa terjadi pada penderita dabetes. Kondisi ini bisa terjadi karena ada banyak sekali gula yang menumpuk pda bagian lensa mata. Kerusakan makula pada mata juga bisa mengancam apabila bagian ini mendapatkan aliran darah yang banyak mengandung gula. Untuk itu sangat penting memperhatikan kadar gula dalam darah dengan cara :

- Mengurangi makanan yang manis-manis
- Mengurangi makanan yang memiliki nila glikemik yang tinggi seperti nasi.
- Rutin berolahraga untuk membakr kalori tubuh
- Mengendalikan berat badan
- Memperhatikan porsi makanan yan sesuai

22. Kurangi Makanan Manis atau Gula

Penderita yang mengidap penyait katarak harus bisa mengurangi kebiasaan menkonsumsi makanan dan minuman yang terlalu banyak gula. Hal ini bisa menjadi sumber penyebab katarak, terlebih jika anda pengidap diabetes. Kandungan gila bisa menghancurkan kemampuan glutathione dan vitamin C untuk melindungi mata yang berada di bagian lensa. Jadi lebih baik kurangi menkonsumsi gula untuk menghambat pertumbuhan katarak agar tidak menjadi lebih buruk.

Update !

23. Jus labu

Jus labu ternyata bisa dijadikan obat untuk katarak. Kandungannya kaya akan vitamin A yang sangat baik untuk mata. Anda bisa menghaluskan dengan cara diblender tanpa harus menggunakan gula. Minumlah setiap hari untuk mengembalikan mata normal anda.

24. Bunga Kitolod (Kembang Jangar)

Tanaman kitolod atau kembang jangar ini biasanya tumbuh liar di semak-semak perkebunan, tepi jalan, pinggir selokan. Tanaman ini kelihatanya seperti tanaman liar yang tidak memiliki faedah. Namun ternyata tanaman ini bisa mengobati berbagai macam penyakit mata seperti mata silinder, katarak, rabun hauh, rabun dekat, mata minus, plus dan nyeri pada mata.

25. Tanaman Eyebright

Eyebright sudah digunakan berabad-abad lamanya dalam mengatasi berbagai permasalahan kesehatan pada mata. Kandungan eyebright meliputi vitamin B, E, C, beta karoten, alkaloid, antioksidan seperti assam caffeic, asam ferulat dan flavonoid. Eyebright sudah sangat tersohor manfaatnya dalam mengobati gangguan pada mata serta memperlambat penurunan penglihatan karena faktor usia. 

26. Ekstrak Ginkgo

Ekstrak ginkgo biloba memilik sifat antioksidan yang mampu mencegah pertumbuhan katarak. Kandungan vitamin E didalamnya mampu melawan pertumbuhan katarak bahkan menghapusnya.

27. Jamur Riboflavin

Menurut penelitian jamur yang mengandung riboflavin diyakini mampu mengatasi permasalahan kesehatan pada mata, diantaranya adalah meringakan kelelahan mata, mencegah rabuh dan mampu dalam mengobati penyakit katarak.

28. Ekrtrak Biji Anggur

Sebuah studi kultur jaringan "Mucular Vision 2011" menyimpulkan bahwa ekstrak biji anggur dapat mengurangi kerusakan oksidatif pada sel-sel lensa mata manusia. Sehingga dapat mencegah kerusakan yang menyebabkan pembetukan katarak. Sebuah studi laboratorium hewan "Journal Of Catarac And Refractive Jurney" menemukan 100 mg per kilogram berat badan anggur proantochyanindish secara efektif mencegah pembentukan katarak.

Penutup

Kesimpulannya selain melalui operasi, katarak juga bisa diatasi dengan cara yang alami. Untuk itu diperlukan pengetahuan khusus dalam menanggulanginya dan semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda dalam menjaga kesehatan mata.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "28 Cara Mengobati Sakit Mata Katarak Secara Alami"

Posting Komentar