Bagaimana Cara Menurunkan Gula Darah dengan Menggunakan Ketan Hitam Untuk Penderita Diabetes

Bagaimana Cara Menurunkan Gula Darah dengan Menggunakan Ketan Hitam Untuk Penderita Diabetes - Sudah pernah mencoba semangkuk bubur kacang hijau yang dicampur dengan ketan hitam dan santan? Pasti anda sudah pernah mencicipinya bukan? Rasanya memang enak, apalagi kalau ditemani dengan sepotong roti tawar. Pasti anda bakalan jatuh cinta sama makanan asli nusantara ini. Namun tahukah anda ? Selain enak disajikan bersama dengan bubur kacang hijau ternyata ketan hitam memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah manfaat ketan hitam untuk mengatasi penyakit diabetes.

Manfaat Ketan Hitam Untuk Diabetes


beras ketan hitam untuk diabetes
Tubuh kita membutuhkan karbohidrat untuk bisa menghasilkan energi. Karbohidrat tersebut bisa didapatkan melalui makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Misalnya saja beras atau nasi, tapi nasi memiliki kadar gula yang sangat tinggi. Sehingga penderita diabetes dilarang mengkonsumsi makanan pokok orang asia ini.

Alasannya adalah selain sudah memiliki kadar gula yang tinggi, beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa beras atau nasi memiliki indeks glikemik tinggi yang artinya makanan ini sangat cepat diserap menjadi gula darah. 

Lalu bagaimana penderita diabetes bisa memperoleh energi kalau bukan dari beras atau nasi ? Ada alternatif lain yang bisa dikonsumsi penderita diabetes untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat mereka, seperti beras merah dan ketan hitam.

Ketan hitam bisa menjadi alternatif lain pengganti nasi dan bisa dijadikan makanan pokok sehari-hari bagi penderita diabetes. Sebab selain mengandung karbohidrat, ketan hitam kaya akan serat, vitamin dan mineral yang berfungsi memperlambat proses penyerapan makanan menjadi gula serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat diabetes. 

Selain itu, ketan hitam juga memiliki senyawa anthocyanin yang merupakan zat alamiah pembentuk antioksidan (anti-kanker), memiliki sifat anti-inflamasi jika dikonsumsi dalam jangka panjang akan menurunkan resiko terkena penyakit diabetes dan alzhaimer (kerusakan pada otak).

Anda bisa menemukan banyak manfaat kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh jika mengkonsumsi ketan hitam ini. Nutrisi tersebut antara lain : karbohidrat, protein, lemak, kalsium, forsfor, vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C. Kandungan lain seperti zat besi berkhasiat memperbaiki kerusakan sel hati (hepatitis dan chirosis / pengerasan hati), mencegah kerusakan ginjal, mencegah kanker dan tumor, sebagai antioksidan, meluruhkan kolesterol dalam darah, mencegah anemia, menambah masa otot, menyuburkan rambut dan memperlambat penuaan.

Selain bernutrisi lengkap, ketan hitam bersifat mengenyangkan. Jadi anda tidak perlu takut cepat lapar jika tidak mengkonsumsi nasi. Ketan hitam ini sangat cocok dijadikan daftar menu sehat sehari-hari bagi penderita diabetes. Agar lebih efektif lagi, anda bisa mengolahnya menjadi herbal tradisional. Cara mengolahnya cukup simpel, berikut akan saya bagikan bagaimana cara menurunkan gula darah dengan menggunakan beras ketan hitam yang diolah menjadi herbal tradisional untuk penderita diabetes.

Cara Membuat Ramuan Herbal Ketan Hitam Untuk Diabetes

Alat dan Bahan


  • Sediakan 3 sendok makan ketan hitam.
  • Sediakan 1 gelas air panas ukuran 1 liter atau 220 mili liter.


Cara membuat


  1. Sebelum kamu meracik, sebaiknya cuci bersih terlebih dahulu ketan hitam dengan air bersih.
  2. Setelah itu masukan 3 sendok makan ketan hitam kedalam satu liter gelas air panas.
  3. Tunggu hingga dingin.
  4. Setelah itu minum secara rutin sebanyak 3 kali dalam sehari dimulai dari pagi, siang dan sore atau malam menjelang tidur.
  5. Jangan lupa selalu cek kadar gula darah.
  6. Jika sudah normal, cukup minum air seduhan ketan hitam sebanyak 2 kali dalam seminggu saja.


Mengubah kebiasaan mengkonsumsi makanan yang baik bagi penderita diabetes memang agak sulit dilakukan. Karena mindset kita sejak dulu telah diajarkan bagaimana mengkonsumsi makanan yang wajib dimakan dan makanan yang hanya sebagai pelengkap saja. Seperti contohnya menggunakan nasi sebagai makanan utama, jika tidak ada nasi maka dianggap belum makan meski sudah banyak mencicipi banyak makanan. untuk itu ubahlah kebiasaan tersebut terutama bagi anda pengidap penyakit diabetes. Karena jika diabaikan, diabetes bisa melumpuhkan anda secara perlahan  merusak organ-organ penting didalamnya dan berujung pada kematian. Untuk itu, ikuti selalu petunjuk dokter dan banyak membaca artikel tentang kesehatan. Dan yang paling penting adalah mempraktekan pola hidup sehat dan selalu berdoa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Cara Menurunkan Gula Darah dengan Menggunakan Ketan Hitam Untuk Penderita Diabetes"

Posting Komentar