Bahaya! Jangan Pernah meminjamkan 5 Benda ini, atau Kamu Bisa Terkena Penyakit!

Bahaya! Jangan Pernah meminjamkan 5 Benda ini, atau Kamu Bisa Terkena Penyakit! - Kebiasaan saling meminjamkan barang dengan orang lain ternyata bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Mungkin saat ini Anda belum merasakan gejalanya, namun jika diabaikan kebiasaan tersebut justru akan membahayakan diri Anda sendiri. Jadi sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan saling meminjamkan barang-barang ini agar Anda terhindar dari penyakit menular yang berbahaya.

Perlu Anda ketahui atau mungkin anda sudah mengetahui bahwa beberapa penilitian dilakukan oleh para ahli kesehatan yang menemukan sampel barang yang sering dipakai bersama mengandung bakteri Staphylococcus, E.coli, dan Streptococcus dalam jumlah yang mencengangkan.

Bakteri-bakteri tersebut menghinggapi benda yang saling digunakan bersama kemudian berpindah dari tangan yang satu ke tangan yang lain. Ketika orang menggunakannya tanpa mencuci ulang dengan sabun, tanpa disadari bakteri itu masuk kedalam tubuh dan menimbulkan berbagai macam penyakit. Lantas apa saja benda-benda yang tidak boleh dipakai bersama-sama ?? berikut adalah daftarnya..

1. Pakaian


jangan pinjamkan pakaian

Tidak bisa dihindari, bakteri dan jamur bisa berada dimana saja termasuk di permukaan kulit kita. Oleh karena itu, sangat tidak dianjurkan untuk saling meminjamkan pakaian apalagi pakaian dalam. Pakaian dalam bisa saja atau bahkan sudah terindikasi kuman dan jamur dari tinja dan kemaluan. Kuman dan jamur tersebut bisa tinggal dalam waktu yang cukup lama di dalam pakaian Anda meski sudah dicuci berkali-kali. Untuk itu Anda harus lebih cermat lagi dalam mencuci pakaian Anda sendiri.

2. Handuk


jangan pinjamkan handuk

Handuk merupakan kain berserat yang digunakan untuk mengeringkan kulit sehabis mandi. Kondisinya yang selalu dalam keadaan basah, membuat bakteri dan jamur betah berlama-lama didalamnya. Jika Anda dengan senang hati meminjamkan handuk kepada orang lain, maka bersiaplah untuk menghadapi resiko gangguan kesehatan kulit seperti panu, kadas dan kurap.

3. Sikat gigi


jangan pinjamkan sikat gigi

Bebahaya sekali jika Anda menggunakan sikat gigi bersama-sama, bagaimana tidak mulut merupakan salah satu media berkumpulnya bakteri dan virus yang bisa menular. Seperti contohnya virus hepatitis C yang bisa menularkan kepada orang lain. Jadi sebaiknya Anda membawa sikat gigi sendiri ketika menginap di rumah saudara atau teman. Jika lupa membawanya usahakan membeli yang baru dari pada harus meminjam sikat gigi milik orang lain.

4. Sisir


jangan pinjamkan sisir

Kutu dan penyakit kulit kepala bisa menular dan menyebar dengan mudahnya melalui sisir yang digunakan secara bersamaan. Perlu Anda ketahui penyakit tersebut biasa dialami oleh anak di usia 3 sampai 11 tahun, jadi sebaiknya Anda menggunakan sisir untuk diri Anda sendiri. Berikan sisir pribadi untuk anak Anda, agar kutu serta penyakit kulit kepala tidak menular ke anggota keluarga lainnya. Selain sisir benda yang masih berhubungan dengan rambut dan kulit kepala adalah helm dan topi.

5. Earphone


jangan pinjamkan earphone

Infeksi pada saluran telinga bisa terjadi akibat dari penggunaan earphone yang tidak bersih. Apabila Anda menganggap enteng masalah ini, maka infeksi bisa meluas dan resiko kehilangan pendengaran akan semakin tinggi. Kondisi ini akan semakin parah jika Anda meminjamkan earphone kepada orang lain. Jadi sebaiknya usahakan benda ini tidak dipinjamkan ke orang lain dan rajin-rajinlah membersihkannya agar terhindar dari bakteri dan jamur pemicu infeksi.

Itulah 5 barang yang sebaiknya tidak harus Anda pinjamkan ke orang lain atau bahkan keluarga dekat Anda sendiri. Mungkin Anda akan dicap sebagai orang pelit, namun hal ini sebenarnya dilakukan untuk kebaikan bersama. Keluarga Anda akan terhindar dari berbagai penyakit menular yang berbahaya. Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat untuk Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya! Jangan Pernah meminjamkan 5 Benda ini, atau Kamu Bisa Terkena Penyakit!"

Posting Komentar