Berapa Banyak Air Putih yang Harus Saya Minum Untuk Menurunkan Berat Badan

Berapa Banyak Air Putih yang Harus Saya Minum Untuk Menurunkan Berat Badan Menurunkan berat badan perlu adanya komitmen yang konsisten terhadap beberapa pilihan gaya hidup. Seperti konsumsi makanan sehat, lebih banyak menggerakan tubuh, cukup tidur 6-8jam, dan banyak minum air putih. Tidak hanya menghemat kalori, banyak minum air putih juga penting untuk menjaga fungsi otak, menjaga organ tubuh agar berfungsi sebagaimana mestinya, dan sebagai terapi latihan untuk pemulihan. Dan apabila menggunakannya sebagai detoks, ini akan membantu Anda dalam meningkatkan metabolisme dan membuang racun.

Kita sering mendengar beberapa tips menurunkan berat badan hanya dengan minum banyak minum air. Beberapa artikel kesehatan lainnya juga menyarankan minum delapan gelas perhari sebagai standar gaya hidup sehat, tapi ada beberapa orang yang justru membutuhkan lebih banyak atau mungkin lebih sedikit air. Lalu berapa banyak air yang harus Anda minum untuk menurunkan berat badan? Disini kami akan mencoba memberikan jumlah yang disarankan menurut ahli diet Jim White, RD, ACSM dan pemilik Jim White Fitness and Nutrion Studios.

1. Untuk Orang Rata-rata


takaran minum air putih untuk orang normal

Meski setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda, White mengatakan bahwa berpegangan pada jumlah yang disarankan delapan gelas (64 ons) dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan bagi rata-rata orang, namun hanya menurunkan berat badan beberapa kilogram saja.

Secara umum, kita harus membiarkan rasa haus sebagai indikator. Jika kita masih merasa haus setelah minum 8 gelas air sepanjang hari, pastikan bahwa hal tesebut sesuai dengan asupan nutrisi yang dikonsumsi. 

Jangan berlebihan dalam mengonsumsi air putih, sebab apabila terlalu banyak malah menimbulkan hiponatrema atau dikenal sebagai intoksikasi air, dimana kadar natrium dalam tubuh menjadi sangat encer. Kondisi tersebut bisa menyebabkan pembengkakan pada otak, kejang, koma bahkan kematian. Berlebihan dalam mengkonsumsi air merupakan praktik yang berbahaya dan adalah salah satu dari 16 Cara Minum Air yang salah.

2. Untuk Pekerja berat



Apabila Anda adalah seorang atlet gym, atlet olahraga atau pekerja konstruksi, Anda butuh lebih banyak air daripada standar 8 gelas air (64 ons). Setelah mengeluarkan banyak keringat, Anda harus cepat-cepat minum air agar dapat terhidrasi dengan baik.

American College of Sports Medicine merekomendasikan minum 16 ons atau 1/4 liter air sebelum berolahraga, minum 4-8 ons saat berolahraga, dan 16 ons setelah selesai berolahraga. White menjelaskan : Kita dapat menimbang sebelum berolahraga dan melihat berapa kilogram berat badan tubuh kita dan minumlah 16 ons untuk menghilangkan berat badan setiap pon-nya.

3. Untuk Orang Gemuk


takaran minum air putih untuk orang gemuk

Bagi orang yang kelebihan berat badan atau obesitas, kebutuhan air minum mereka berbeda. White mengatakan bahwa mereka perlu minum lebih banyak air agar tetap terhidrasi dengan baik dan membantu menurunkan berat badan. Persamaan matematika sederhana untuk ini adalah dengan meminum setengah dari berat tubuh Anda dalam ons air. Jadi apabila berat badan Anda 180 pon, sebaiknya usahakan minum 90 ons air sehari.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Annals Of Family Medicine menemukan bahwa orang dengan BMI yang lebih tinggi adalah orang yang paling tidak terhidrasi. Studi tersebut menyebutkan bahwa air putih merupakan nutrisi penting dan bahkan sangat berperan besar dalam menurunkan berat badan.

Studi lain yang dipublikasikan Obesity menemukan bahwa orang dewasa gemuk yang rutin minum air 16 ons setengah jam sebelum makan, berat badan mereka akan turun 3 pound lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak makan, dan 9 pound akan turun di 12 minggu terakhir. Ini artinya 'untuk kasus diet untuk menurunkan berat badan', minum air putih sebelum makan jauh lebih baik dari pada Anda tidak makan sama sekali.

Menurut white, mengganti minuman kalori dan gula seperti jus buah, soda dan es teh manis dengan air putih sangat membantu dalam meningkatkan penurunan berat badan.

4. Idealnya Minum 8 Gelas Perhari (64 ons/ 1.8 liter) Untuk Menurunkan Berat Badan


minum 8 gelas air putih untuk menurunkan berat badan

Meski setiap orang memiliki tingkat hidrasi yang berbeda-beda, namun rata-rata orang butuh sebanyak 64 ons air putih. Biarkan dahaga menjadi pemandu dikala haus; apabila Anda masih merasa haus setelah minum 8 gelas air putih, silahkan minum lebih banyak lagi, namun tetap dalam batas normal (tidak berlebihan).

Indikator lain dalam melihat apakah kita cukup minum air atau tidak adalah degan melihat warna urin. Apabila warna kuning pucat (jelas) itu menandakan bahwa kita\ sudah cukup minum air. Namun apabila warna urin kita lebih gelap lagi, itu menandakan kita harus minum lebih banyak air putih.

Ingat tanda-tanda dehidrasi : Kehausan, mulut kering, sakit kepala, badan lesu, disini White menjelaskan : meski hanya kekurangan 2% cairan, itu bisa berdampak negatif pada kinerja fisik.

Ada faktor lain yang mempengaruhi seberapa banyak kita harus banyak minum air putih, seperti berkeringat lebih banyak, minum obat tertentu, berada di daerah yang gersang atau panas atau terlalu sering minum alkohol. White merekomendasikan untuk minum satu gelas air (8ons) untuk setiap minuman beralkohol, dan juga harus banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki cairan seperti semangka, ketimun dan seledri.

Apapun program penurunnan berat badan yang dilakukan, sangat disarankan untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 64 ons atau setara degan 8 gelas air (1.8 liter), tapi nyatanya orang Indonesia ideal minum air putih itu sebanyak 12 gelas air putih.  Apabila memiliki kegiatan yang berat, bisa ditambnahkan takarannya namun jangan berlebihan. Jadi mulai sekarang biasakan minum 1.8 liter air untuk menurunkan berat badan Anda..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berapa Banyak Air Putih yang Harus Saya Minum Untuk Menurunkan Berat Badan"

Posting Komentar