16 Manfaat Sari Kunyit Putih Untuk Kesehatan dan Kecantikan Serta Efek Sampingnya

Manfaat Sari Kunyit Putih Untuk Kesehatan dan Kecantikan Serta Efek Sampingnya - Berbeda dengan kunyit pada umumnya, Kunyit putih (Curcuma Zedoaria) memang lebih sulit ditemukan. Sebab tanaman kunyit putih hanya akan berbuah setiap beberapa tahun sekali. Meski termasuk ke dalam keluarga jahe-jahean, kunyit putih jarang dijadikan sebagai bumbu masakan. Karena tanaman ini memang jarang ditemukan di pasar tradisional maupun modern dan biasanya hanya digunakan sebagai pengobatan alternatif.

Tanaman rempah ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia karena khasiatnya dalam mengobati penyakit ringan hingga kanker. Selain sebagai pengobatan, Kunyit putih (curcuma mangga) juga dimanfaatkan sebagai kosmetik perawatan kecantikan kulit dan organ kewanitaan. Sehingga berkat khasiatnya yang luar biasa ini, kunyit putih dibudidayakan di beberapa negara seperti Malaysia, Jepang, Tiongkok, Thailand, Banglades, Sri lanka, India dan Brazil.

manfaat dan efek samping kunyit putih

Kunyit putih sudah dikenal sejak berpuluh-puluh tahun silam. Nenek moyang kita memanfaatkan tanaman ini sebagai pembersih organ kewanitaan pasca persalinan. Seiring berkembangnya pengetahuan, dalam sebuah penelitian banyak ditemukan kandungan positif yang sifatnya menyembuhkan. Seperti penelitian yang dilakukan pada tahun 1988 di China, Kandungan minyak Atsiri dan Ribosom Inacting Protein pada kunyit putih berkhasiat melawan sel kanker dalam tubuh manusia.

Bukti otentik lain pada sebuah penelitian di Oxfor University juga menyatakan bahwa kunyit putih adalah tanaman herbal antioksidan yang berkhasiat mencegah tumbuhnya sel kanker, menahan laju penyebaran sel kanker, bahkan dapat membunuh sel kanker hingga ke akar-akarnya. Temuan ini sudah diakui banyak negara di dunia tingkat internasional. Sebelum mengenal lebih jauh khasiat dari kunyit putih, mari kita bahas terlebih dahulu kandungan positif yang terdapat pada kunyit putih.

Kandungan Positif Pada Kunyit Putih

Mungkin Anda belum mengertahui kandungan apa saja yang terdapat pada kunyit putih. Diambil dari berbagai sumber tentang penelitian tanaman kunyit putih, berikut adalah zat paling berguna yang diyakini mampu menyembuhkan beberapa penyakit.

  • RIP (Ribozom Inacting Protein) | Penelitian yang dilakukan menemukan bahwa zat ini berguna mencegah, memperlambat dan membunuh sel kanker tanpa merusak sel tubuh manusia.
  • Curcumin (Anti Inflamansi) | Zat ini dapat membantu menyembuhkan darah tinggi, asam urat, diabetes dan jantung koroner.
  • Flavonoid Saponin | Selain mengobati, kunyit putih juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Antioksidan | Sebagai pelindung penyusunan gen.

Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan

Di Indonesia kunyit putih sering dimanfaatkan sebagai pengobatan. Sedangkan di India, tanaman juga digunakan secara tradisional untuk mengobati gangguan menstruasim dispepsia, muntah dan kanker. Berikut adalah kegunaan lain yang bisa kita ambil dari kunyit putih:

1. Mengobati Masuk Angin
Apabila Anda sering megalami masuk angin, cobalah mengkonsumsi air rebusan kunyit putih. Caranya adalah dengan mencuci 200 gram kunyit putih, kemudian dikupas dan di parut. Setelah itu rebus air perasan kunyit putih kemudian diminum hangat-hangat.

2. Mengobati diare
Gangguan pencernaan seperti diare ternyata bisa diobati dengan memanfaatkan kunyit putih ini. Ambil beberapa potongan kunyit putih kedalam air kemudian direbus sampai mendidih. Minum sari kunyit putih ini selagi hangat agar diare cepat hilang dan Anda bisa beraktifitas seperti biasanya.

3. Anti bakteri dan anti jamur
Apabila Anda mengalami masalah pada rongga mulut, kemungkinan penyebabnya adalah mikroba dan jamur. Ekstrak Kunyit putih dipercaya mampu membunuh bakteri dan jamur di mulut dan hasilnya sama seperti produk obat kumur di pasaran.

4. Herbal anti nyeri
Kunyit putih mampu menghilangkan rasa sakit dan ini tergantung pada dosis yang digunakan.

5. Mengobati asam lambung
Tepung pada akar kunyit putih dipercaya mampu mengurangi jumlah dan keasaman cairan lambung, sehingga bisa digunakan sebagai obat tukak. Namun manfaat ini masih memerlukan uji klinis pada manusia.

6. Menambah nafsu makan
Sama seperti temulawak, kunyit putih ternyata juga mampu membantu menambah nafsu makan. Tentu ini sangat membantu bagi Anda yang ingin menambah berat badan. Ini juga bagus untuk buah hari Anda yang susah makan.

7. Anti racun
Kunyit putih bisa menghambat proses penyebaran racun ular, sehingga tanaman ini bisa menjadi anti racun atau penawar bisa ular.

8. Anti inflamasi
Manfaat laiinnya adalah sebagai zat anti radang. Ini masih berhubungan anti bakteri yang terkandung dalam kunyit putih yang sangat bermanfaat dalam proses penyembuhan luka dan infeksi.

9. Penghambat dan mencegah pertumbuhan sel kanker payudara

Khasiat kunyit putih dinyatakan sebagai penghambat pertumbuhan sel kanker, salah satunya adalah kanker payudara. Penyakit ini amat ditakuti oleh kaum wanita selain kanker serviks. Untuk itu bagi Anda terutama kaum perempuan disarankan untuk selalu mengkonsumsi ramuan sari kunyit putuh. Caranya adalah dengan merebus beberapa potongan kunyit putih dan keladi putih kedalam 4 gelas air. Selanjutnya saring dan dinginkan dan kemudian di minum setelah dicampur dengan madu alami sebagai pemanis.

10. Mengatasi keputihan
Sejak dulu wanita Indonesia memanfaatkan kunyit putih untuk mengatasi keputihan. Anda bisa iris tipis-tipis kunyit putih yang kemudian direbus hingga mendidih. Diamkan hingga tidak terlalu panas atau sampai hangat. Kemudian air sari kunyit putih tersebut digunakan untuk membersihkan organ kewanitaan. Lakukan sebanyak 2 kali sehari di pagi dan sore sampai keputihan benar-benar hilang.

11. Antioksidan
Minyak esensial yang terdapat pada kunyit putih diyakini dapat menangkis radikal bebas yang dapat merugikan tubuh.

12. Menurunkan kadar gula darah

Mengkonsumsi kunyit putih diyakini dapat menurunkan kadar gula darah. Namun apabila mengkonsumsinya secara berlebihan justru akan mengakibatkan hypoglycemia, yang artinya tubuh kekurangan gula darah.

13. Mengobati kista
Sari kunyit putih ternyata memiliki kegunaan dalam mengobati penyakit kista. Campurkan 10 gram kunyit putih kering, temu putih, tapak liman kering dan pegagalan kering dengan 30 gram cakar ayam segar. Rebus dengan satu liter air hingga mendidih dan kemudian dinginkan. Minum ramuan ini sebanyak 3 kali dalam sehari.

Manfaat Kunyit Putih Untuk Kecantikan


14. Melembabkan kulit
Kunyit putih memiliki kandungan antiseptik dan antioksidan yang memberikan nutrisi pada kulit secara alami. Untuk hasil maksimal Anda bisa mengkombinasikan dengan madu, karena madu bisa mengikat air yang berguna untuk mempertahankan kelembaban dan kesehatan kulit.

15. Meremajakan kulit
Apabila Anda ingin selalu terlihat awet muda, gunakan sari kunyit putih untuk kecantikan. Sifat antioksidan dari kunyit putih yang dicampurd engan madu telah terbuktu dapat mengurangi bahkan menghindar proses penuaan.

16. Penyegar kulit
Kunyit putih bisa membantu menyegarkan kulit dari dalam. Anda bisa mencampurkan dengan madu dan kus lemon kemudian minumlah campuran sari kunyit putih tersebut setiap hari secara rutin. Anda akan merasakan manfaat luar biasa setelah beberapa kali minum ramuan tersebut.

Efek Samping Penggunaan Kunyit Putih


Akan ada beberapa efek samping yang ditimbulkan apabila Anda mengkonsumsinya secara tidak benar atau tidak sesuai takaran. Namun setidaknya sari kunyit putih alami tidak berbahaya bagi tubuh sepeti pada obat-obatan kimia. Berikut ada beberapa efek samping penggunaan sari kunyit putih dan sebaiknya patuhi anjuran-anjuran berikut ini.

  • Hindari mengonsumsi sari kunyit putih dalam bentuk apapun selama masa kehamilan. Sebab kunyit putih bisa mengakibatkan keguguran atau cacat pada janin.
  • Zat kunyit putih sangat beraksi keras pada tubuh. Jadi apabila Anda ingin mengonsumsinya, pastikan perut tidak dalam keadaan kosong. Isi perut Anda dengan makanan terlebih dahulu. Atau, jika Anda sedang sakit sehingga tidak berselera untuk makan, minumlah susu sereal.
  • Anda bisa memaksimalkan manfaat kunyit putih dengan mengkombinasikan dengan tanaman herbal lain, seperti madu, sarang semut atau teh hijau. Namun jangan sekali-kali mencampurkan sari kunyit putih dengan teh hijau, karena efek yang dihasilkan sama-sama kuat.

Khasiat sari kunyit putih memiliki rasa pedas dan menyengat, sehingga beberapa orang enggan mengonsumsinya. Anda bisa menambah susu atau madu agar rasanya bisa lebih nikmat. Dan pada awal-awal mengonsumsi kunyit putih, Anda mungkin akan merasa lemas, pusing dan mual. Anda tidak perlu khawatir, kondisi tersebut merupakan reaksi alami dari khasiat kunyit putih.

Teknik Pengolahan Sari Kunyit Putih untuk Atasi Kanker


Untuk mendapatkan memaksimalkan efektifitas sari kunyit putih diperlukan teknik pengolahan yang tepat, mulai dari pemilihan kunyit putih terbaik hingga penyajiannya. Pastikan kunyit putih yang Anda peroleh tidak terkontaminasi peptisida. Atau apabila dijadikan dalam bentuk kapsul/pil, proses peramuannya tidak boleh menggunakan bahan pengawet atau tambahan monosodium glutamat supaya manfaat sari kunyit putih tetap terjaga.

Pengolahan bisa Anda lakukan dengan mudah, namun membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Berikut adalah cara meramunya:

Sediakan 3-4 kunyit putih kemudian Kupas kulitnya. Parut lalu peras dengan menggunakan sapu tangan.
Air perasan kunyit putih tersebut adalah sari yang bersifat menyembuhkan. Gunakan 2-3 sendok makan sari kunyit putih untuk dicampurkan kedalam 100 cc air hangat. Minumlah sebanyak 3-4 kali sehari untuk pengobatan dan untuk pencegahan cukup minum 1 kali sehari.

Cara Membuat Ramuan Tradisional Sari Kunyit Putih


Selain sebagai pengobatan, kegunaan kunyit putih juga dapat dijadikan sebagai bahan minuman untuk dikonsumsi sehari-hari. Daripada Anda harus mengonsumsi soft drink, akan jauh lebih sehat apabila Anda mengonsumsi minuman sari kunyit putih ini. Berikut adalah beberapa resep minuman kesehatan sari kunyit putih:

Minuman sehat sari kunyit putih 1

Siapkan 20 gram kunyit putih, 10 gram sambilito, 15 gram kulit delima kering yang di cucui bersih. Potong-potong kunyit putih dan campurkan kedalam air, rebus hingga mendidih hingga airnya tersisa 300 cc. Jika sudah, saring air rebusan tersebut sehingga menjadi sari kunyit putih. Minumlah secara teratur sebanyak dua kal sehari. Agar lebih nikmat Anda bisa menambahkan gula aren atau madu sebagai pemanis.

Minuman sehat sari kunyit putih 2
Cuci sampai bersih 2 ruas kunyit putih, 1 genggam daun beluntas, dan satu buah asam. Potong kecil-kecil kunyit putih, rebus dan tambahkan 1 potong gula aren atau gula kelapa. Didikan dengan air sebanyak 1 liter. Setelah dingin, sarinf dan minum 1 gelas sehari, lakukan secara rutin selama 10 hari berturut-turut.

Minuman sehag sari kunyit putih 3
Sediakan 1 ruas kunyit putih tua, air asam dan gula jawa. Kupas kunyit putih lalu di parit. Tuangkan air asam dan larutan gula jawa secukupnya lalu aduk hingga merata. Peras dan ambil sarinya dengan sepotong kain. Air sari perasannya bisa Anda minum 2 kali sehari dengan dosis 1/4 gelas sekali minum.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "16 Manfaat Sari Kunyit Putih Untuk Kesehatan dan Kecantikan Serta Efek Sampingnya"

Posting Komentar