Resep Spesial Semur Jengkol Istimewa Khas Betawi

Resep Spesial Semur Jengkol Istimewa Khas Betawi - Banyak orang tak suka memakan jengkol karena alasan baunya yang kurang sedap. Karena jengkol memang memiliki asam amino yang mengandung sulfur seperti belerang, sehingga membuat buah tropis ini menjadi bau ketika di santap. Meski demikian, jengkol memiliki rasa yang gurih dan legit membuat sebagian orang menyukainya, bahkan ketagihan.

Jengkol mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh, seperti protein, fosfor dan kalsium. Namun untuk ibu hamil hanya memperbolehkan mengkonsumsi jengkol tidak lebih dari 3 keping perhari.


Resep Semur Jengkol Khas Betawi

Bau jengkol bisa dinetralisir dengan merendamnya terlebih dahulu dengan air kapur dan kemudian direbus agak lama dengan air jeruk atau daun jambu biji. Olahan yang paling populer dari jengkol adalah disemur. Selain lebih kaya rasa, jengkol yang direbus memiliki tekstur yang lebih empuk dan tidak terlalu bau.

Jengkol bumbu semur adalah kecap manis yang dikombinasikan dengan aneka bumbu rempah. Kuahnya yang kental berwarna coklat pekat, semur jengkol betawi sangat gurih dan mantap meski tanpa santan. Oke, tanpa panjang lebar lagi yuk intip cara memasak semur jengkol khas betawi yang terkenal kental, enak dan empuk.

Resep Semur Jengkol Khas Betawi

Cita rasa jengkol akan sangat nikmat apabila diolah dengan cara disemur. Bumbu rempahnya yang mampu mengguncang lidah sangat pas disajikan bersama nasi putih hangat. Benar-benar luar biasa enak, yuk bunda kita buat aja langsung dirumah!

Resep Olahan Jengkol Lainnya:

- Resep Rendang Jengkol Pedas Istimewa Khas Padang
- Resep Jengkol Sambal Ijo Super Pedas Gurih
- Resep Jengkol Balado Super Pedas Khas Sunda

Bahan-bahannya


  • 500 gram jengkol siap kupas
  • 6 lembar daun jeruk
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 2 cm lengkuas digeprek
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai digeprek
  • garam dan gula secukupnya


Bumbu yang dihaluskan


  • 5 buah cabai merah
  • 2 cm kunyit
  • 5 buah bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri sangrai



Cara Memasak Jengkol Bumbu Semur Rempah Sedap Gurih



  1. Rebus jengkol bersama dengan 3 lembar daun jeruk kedalam wajan hingga empuk. Lalu angkat dan buang kulit arinya dan pipihkan/digeprek. Sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan juga daun jeruk + salam, serai dan lengkuas, kemudian aduk hingga semua layu.
  3. Tuangkan air secukupnya dan biarkan hingga mendidih.
  4. Masukkan jengkol yang sudah direbus tadi, aduk rata. Masukkan kecap manis, garam dan gula, aduk lagi hingga semua bumbu menyatu dengan sempurna.
  5. Tutup, kemudian masak dengan api kecil agar bumbu rempahnya benar-benar meresap dan kuahnya mengental.
  6. Angkat dan Jengkol Bumbu semur Khas Betawi siap disajikan bersama nasi putih hangat.


Resep Semur Jengkol memang sangat enak disajikan bersama keluarga. Meski sudah di rebus dengan daun jeruk, tentu kita khawatir setelah mengonsuminya akan terkena efek bau mulut ataupun saat buang air kecil. Namun bagi penikmat semur jengol atau bahkan lalapan mentagnya, sepertinya itu bukan masalah karena efek baunya.

Memakan timun mentah, minum banyak air putih dan menggosok gigi merupakan solusi supaya efek bau yang ditinggalkan bisa hilang setelah menikmati jengkol. Dan supaya kamar mandi tidak tercium bau jengkol, Anda bisa menambahkan kapur barus dan pewangi kamar mandi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Spesial Semur Jengkol Istimewa Khas Betawi"

Posting Komentar