Resep membuat berbagai macam sambal | Part 1

Resep membuat berbagai macam sambal - Sambal emmhhh.... siapa sih yang gak suka sambal. Selain rasanya yang waow, pedas panas dan bikin lidah bergoyang, makan nasi jadi pengen nambah terus. Kayak lagunya ayu ting-ting "Bala Sambala Sambalado.. Terasa Pedas Terasa Panas..Sambala Sambala Sambalado Mulut Bergetar Lidah Bergoyang" halah kok malah nyanyi ya hehe.

Tau gak sist, ternyata sambal tuh gak cuma satu jenis saja loh, ada berbagai macam jenis sambal yang dapat sist buat. Dan disini saya akan membagikan resep cara membuat berbagai macam sambal, yang kini terdapat 42 macam jenis sambal di indonesia.



1. Sambal Bawang

sambal bawang

Sambal yang satu ini cocok untuk membuat nasi goreng

RESEP SAMBAL BAWANG

Bahan-bahan :

  • 100 ml minyak goreng
  • 1 sdt garam
Bahan yang dihaluskan:
  • 10 siung bawang merah
  • 10 siung bawang putih
  • 500 gram cabai merah
Cara membuat:
  • Panaskan minyak, masukan bahan yang dihaluskan, aduk-aduk sampai sambal berwarna matang dan minyak cabai keluar.
  • Masukan garam, aduk sebentar lalu angkat

2. Sambal Ayam Bakar

Colek-colek ayam bakar pakai sambal, emmhhhh sedap sist



RESEP SAMBAL AYAM BAKAR

Bahan-bahan:


  • 10 buah cabai rawit merah
  • 2 buah jeruk limau/nipis, ambil airnya
  • 6 sdm kecap manis
  • 3 tangkai daun kemangi, ambil daunnya
Cara Membuat:
  • Ulek atau haluskan cabai
  • Beri air jeruk nipis, kecap manis dan daun kemangi. Aduk rata.
  • Hidangkan sambal sebagai pendamping ayam
3. Sambal Tempe

Sesuai namanya, sambal ini memang untuk membuat tumis tempe


RESEP SAMBAL TEMPE

Bahan-bahan:

  • 250 gram tempe. tumbuk atau iris kecil-kecil saja sesuai selera
  • Cabai rawit sebanyak-banyaknya, tumbuk
  • 1 cm jahe, keprek
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 4 siung bawnag putih, rajang kecil-kecil
  • 4 siung bawang merah, rajang kecil-kecil
  • 150 ml minyak kelapa
Cara membuat:
  • Panaskan minyak, tumis bawang merah dan putih sampai harum
  • Masukan sisa bahan, aduk-aduk sampai tempe berwarna kecoklatan

4. Sambal Bajak

Sambal bajak merupakan salah satu jenis macam sambal yang ada di indonesia. Bukan hanya di minati oleh orang indonesia saja, sambal ini juga sangat populer di luar negeri seperti kanada, amerika dan jepang. 

Rasanya memang sedap dan menyegarkan, sehingga cocok untuk segala jenis makanan, seperti kerupuk, snack, kentang goreng dan lain sebagainya.

RESEP SAMBAL BAJAK


Bahan Haluskan:
  • 5 buah cabai merah
  • 10 buah cabai rawit
  • 2 buah tomat
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdm gula merah
  • garam secukupnya
  • 2 sdt terasi
Bahan Lain:
  • 10 cm serai, memarkan
  • 1 cm lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 sdm air asam
  • 50 ml air
  • 2 siung bawang merah, iris tipis
  • 3 sdm minyak sayur untuk menumis

5. Sambal Plecing Kangkung

Nikmatnya kangkung rebus bersama sambal di tambah nasi dan lauk pauk. Sedap sis



RESEP SAMBAL PLECING KANGKUNG (LOMBOK)

Bahan yang dihaluskan:
  • 10 buah cabai merah, bakar
  • 4 buah cabai rawit, bakar
  • 1 sdt terasi, bakar
  • 5 buah kemiri, bakar atau tidak memakai kemiri, sesuai selera anda
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm minyak sayur
  • 1/2 buah jeruk nipis, ambil airnya
Cara membuat:
  • campur semua bumbu yang dihaluskan
  • beri minyak sayur dan air jeruk nipis, aduk hingga rata
  • hidangkan sambal dengan kangkung rebus

6. Sambal Ikan Teri Asin

Sambal ala nusa tenggara timur ini memang pas disajikan dengan nasi hangat

RESEP SAMBAL IKAN TERI ASIN



Bahan-bahan:

  • 5 buah cabai rawit, iris kasar
  • 3 buah jeruk nipis mentah yang berwarna hijau, iris kecil-kecil
  • 3 siung bawang merah, iris halus
  • 3 tangkai daun kemangi, ambil daunnya
  • 2 buah tomat mengkal, iris dadu
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm teri nasi, rendam air panas, tiriskan
Cara Membuat:
  • Campur semua bahan, aduk hingga rata
  • Diamkan 1/2 jam sampai teri meresap dengan bumbu
  • Hidangkan

7.  Sambal Oncom

Bahan-bahan:
  • 1/2 buah kelapa, bakar
  • 1 buah oncom. t 10 x 10 cm, iris tipis bakar, bumbu dihaluskan
  • 10 buah cabai merah, bakar
  • 4 buah cabai rawit, bakar
  • 4 siung bawang putih, bakar
  • 1 sdt terasi, bakar
  • 1 cm kencur bakar
  • 1 cm jahe
  • 1 sdt garam
  • 3 sdt gula jawa
Cara membuat:
  • Kelapa dibuang batoknya, biarkan kulit arinya yang coklat
  • Belah dua, bakar dengan api langsung, bolak balik hingga coklat kehitaman
  • Oncom bisa di panggang dioven atau sangrai pada wajan yang ditutup

8. Sambal Pecel

Makanan tradisional ini sejak dulu memang selalu di minati semua orang

RESEP SAMBAL BUMBU PECEL



Bahan-bahan:
  • 2 buah cabai merah
  • 10 buah cabai rawit
  • 250 gram kacang tanah
  • 2 siung bawang putih, digoreng sebentar
  • 1 ruas kencur
  • 2 helai daun jeruk
  • 2 sendok makan gula jawa atau gula merah
  • 3 sendok makan air asam jawa
  • 1/2 sdt garam
Cara membuat:
  • Kacang tanah digoreng hingga matang
  • Ulek bumbu beserta kacang hingga halus dan rata
  • Sebelum dihidangkan seduh dengan air panas terlebih dahulu
  • Sajikan
9. Sambal Petis

Sambal petis biasa dihidangkan dengan rujak cingur atau buah-buahan

RESEP SAMBAL PETIS



Bahan-bahan:
  • 6-10 cabai rawit atau sesuai selera
  • 2 sendok makan kacang tanah, goreng
  • 200 gram petis udang
  • 1/2 sendok teh terasi, bakar
  • 1 buah pisang batu, diparut kasar
  • 1 sendok teh asam
  • 50 cc air matang
Cara membuat:
  • Haluskan cabai, terasi, kacang tanah goreng, dan petis sampai tercampur rata
  • Masukan parutan pisang batu, asam dan air matang, haluskan lagi.
  • Sambal petis siap di hidangkan bersama buah dan sayur

10. Sambal Goreng Pete

Yummy, siang menjelang sore paling sedap makan nasi pete pakai sambal.


Bahan:
  • 1 papan petai
  • 15 buah cabai merah keriting
  • 4 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 buah tomat
  • 1 sendok teh terasi
  • 1 sendok teh irisan gula merah
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak sayur
Cara membuat:
  • Ulek bawang merah, bawang putih, cabai keriting, tomat, terasi, garam dan gula merah sampai halus
  • panaskan minyak, goreng sambal sampai harum
  • Masukan petai
  • Goreng hingga layu
  • Angkat dan sambal pun siap di sajikan

0 Response to "Resep membuat berbagai macam sambal | Part 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel