17 Makanan Sehat Pelancar ASI

ASI (Air susu Ibu) sangatlah penting demi perkembangan sang bayi. Walaupun kini hadir bermacam-macam susu formula, tetap saja ASI harus menjadi yang utama. Karena dengan ASI segala yang berasal dari ibu akan ditularkan pada sang bayi, hal ini sangat bagus untuk perkembangan mental serta fisiknya.


Sepenggal Kisah


Saya mempunyai pengalaman tentang ASI. Pada waktu itu saya baru pindah dari jakarta dan mengontrak di bekasi (1997), saya mempunyai seorang tetangga dan beliau adalah seorang janda "sebut saja namanya bu narti" dan mempunyai balita berumur kurang lebih 2 tahun. Pekerjan sehari-harinya mencuci pakaian warga sekitar, dan terkadang mencuci dirumah saya juga. Saya terkadang sedih melihat anaknya itu, kenapa ? anaknya terlihat kurus, tulangnya nampak amat kecil dan banyak, maaf "k0reng" disekujur tubuhnya, kulitnya pun nampak tidak sehat. Saat di timbang berat badannya hanya 7-8 Kg, padahal idealnya seorang balita yang berumur 1-2 tahun adalah 14 Kg. Setelah mencari tau penyebabnya ternyata anaknya itu sejak bayi tidak pernah di beri ASI.


Berat badan ideal bayi umur 2 tahun

Sang ibu memang kurang memperhatikan soal gizi, beliau mengaku saat bayinya lahir tidak pernah keluar ASI. Ini karena faktor ketiadaan biaya, sehingga terpaksa membeli susu formula seadanya. Terkadang beliau hanya mampu membeli susu formula kusus bayi 4 bulan sekali.

Perbedaan mencolok saat beliau menikah lagi dan melahirkan anak kedua.  Kehidupannya mulai membaik, dan beliau mulai memperhatikan gizi. Anak keduanya mendapatkan cukup banyak ASI, Setelah berumur 2 tahun tubuhnya berisi padat dengan tulang baik dan kulitnya cerah sehat. Ini amat berbeda dengan keadaan fisik kakaknya yang tidak di beri ASI.

Hal ini juga terlihat melalui perstasi sekolahnya, Saat pengambilan laporan nilai kenaikan kelas, nilai kakaknya selalu di bawah rata-rata. Padahal ibu narti menjelaskan bahwa sang kakak selalu rajin belajar, walaupun sang kakak tidak dapat cepat menangkap apa yang dijelaskan oleh guru dan buku pelajaran. Ucapnya penuh haru.

Cerita nyata saya diatas menggambarkan betapa penting nya ASI untuk sang bayi. Kita tidak boleh menyepelakan masalah ini karena akan terkena dampak bagi sang bayi sampai dewasa nanti. Apalagi bagi anda yang mempunyai kecukupan dalam hal finansial. Perhatikan selalu gizi seimbang antara sang ibu dan sang bayi agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.


Manfaat ASI


Kita hanya tau bahwa ASI adalah asupan pertama untuk bayi. Padahal ada banyak manfaat dari ASI diantaranya adalah sebagai berikut ini:

- menguatkan sistem imun pada tubuh bayi, sehingga infeksi serta kuman penyakit tidak akan mudah masuk.
- mencegah bakteri menyerap nutrisi didalam usus bayi
- mencegah bakteri dan virus bersarang didalam usus bayi
- mencegah parasit dan membunuh bakteri


Penyebab ASI Sulit Keluar


Selain nilai gizi yang dimakan sang ibu, faktor seperti hormon sangat mempengaruhi jumlah dan kualitas asi. Hindari stress, jangan merokok dan jauhi makanan yang berkafein tinggi seperti kopi. Kurang minum air putih juga dapat memicu ASI sulit keluar.

Untuk mengetahui apakah ASI sang ibu lancar atau tidak, bisa dilihat dari banyaknya ASI yang keluar sebagai mestinya, dan jika sang bayi selalu rewel saat atau setelah disusui ada kemungkinan kebutuhan makanannya belum tercukupi, sehingga membuat si bayi menjadi kesal dan selalu menangis.

Lalu harus bagaimana agar ASI lancar dan bayi pun terpenuhi segala nutrisinya? tentu saja balik lagi apa yang di konsumsi oleh sang ibu. Untuk itu diperlukan makanan sehat agar kuantitas ASI tercukupi.

Berikut adalah 17 jenis makanan , jika dikonsumsi dengan benar dapar melancarkan ASI untuk anda yang sedang menyusui.

1. Pepaya


pepaya buah pelancar asi


Mengasuh bayi memang sangat melelahkan dan cukup menguras banyak tenaga. untuk itu diperlukan kalium yang cukup. Kekurangan kalium dapat mengakibatkan tubuh cepat lelah, selain itu menjadikan suasana hati tak menentu sehingga menjadi mudah depresi atau cepat marah. Padahal saat menyusui anda harus berfikiran positif dan bahagia. Menkonsumsi pepaya adalah pilihan tepat saat menyusui, karena kandungan kalium pada buah pepaya cukup tinggi bila dibandingkan dengan buah lainnya.

2. Semangka

Perempuan yang sedang menyusui membutuhkan 2 kali lipat Vitamin A dari perempuan yang tidak sedang menyusui. Kadar air pada semangka juga baik untuk asupan mineral dan cairan pada tubuh.

3. Ubi

Gizi yang terkandung dalam ubi sangat baik untuk sang buah hati. Menkonsumsi ubi juga baik bagi kelancaran ASI sang ibu dan membuat bayi cepat kenyang saat menyusu.

4. Wortel

Sejak jaman dahulu wortel dipercaya mampu meningkatkan produksi ASI, itu karena kandungan Vitamin A dan beta karoten yang terkandung didalamnya. Wortel lebih nikmat disajikan dalam bentuk tumisan maupun jus.

5. Asparagus




Asparagus mengandung zat yang dapat mempertahankan pasokan ASI, sehingga produksinya tetap terjaga dan mampu memenuhi kebutuhan bayi.

6. Kacang Ijo

Kacang ijo memiliki zat besi yang baik untuk perkembangan bayi, karena tanpa zat besi bayi bisa terkena anemia. Selain itu berkat kacang ijo produksi ASI dapat meningkat setiap harinya.

7. Jambu Air

Buah ini memiliki kadar air yang cukup tinggi. Sifatnya yang mendinginkan sehingga memberikan rasa menyenangkan ketika dimakan. Sangat baik untuk ibu yang sedang menyusui, karena bisa menetralisir rasa cemas dan tekanan.


8. Oat (Gandum)

Oat sangat bermanfaat untuk memperkaya kandungan ASI, menurunkan kolesterol pasca melahirkan dan resiko penggumpalan darah.

9. Labu Siam

Labu siam sangat direkomendasikan untuk ibu-ibu yang sedang menyusui, pasalnya kandungan labu siam amat kaya akan vitamin C, B kompleks dan beberapa mineral seperti fosfor, seng dan tembaga. Labu siam lebih enak disajikan dalam bentuk sayur lodeh, asam atau opor.

10. Edamame


Edamame untuk Pelancar ASI
Kacang Edamame
Jenis kacang yang satu ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, Edamame juga memiliki berbagai vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI. Kandungan vitamin A,B dan C serta kalium  membantu menjaga kesehatan bunda saat menyusui, sehingga tidak mudah sakit.

11. Almond

Salah satu manfaat Almond adalah untuk memperlancar ASI. Almond juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, sangat baik untuk meningkatkan kualitas ASI.

12. Bawang Putih

Bawang putih sejak dalu dipercaya dapat meningkatkan dan memperlancar ASI. Tidak perlu dimakan secara langsung, cukup digunakan sebagai bumbu penyedap masakan.

13. Fenugrek


Fenugrek  untuk Pelancar ASI
Fenugrek
Mungkin nama ini asing ditelinga anda, namun di Eropa sana makanan ini sangat populer untuk memperlancar ASI. Itu karena Fenugrek kaya akan kandungan fitoestrogennya.

14. Flaxseed

Masih soal kacang-kacangan, Flaxseed termasuk golongan superfood yang dikenal banyak manfaat positif bagi kesehatan. Salah satunya adalah bermanfaat untuk memperlancar ASI, itu karena senyawa galaktogogus yang terkandung didalamnya.

15. Pare

Rasanya memang pahit, tapi tahukah anda bahwa pare memiliki kandungan yang baik untuk ASI, diantaranya adalah vitamin C dan antioksidan. Serta dapat meningkatkan penyerapan zat besi. Kandungan folat pada pare juga bermanfaat untuk calon bayi yang masih ada didalam kandungan bunda.

Baca juga : Manfaat Jus Pare

16. Daun Bayam

Sama seperti Fenugrek, bayam juga mempunyai kandungan fitoestrogen yang berfungsi meningkatkan kesehatan jaringan payudara dan merangsang ASI agar produksinya maksimal.

17. Daun Katuk

Siapa yang tidak kenal daun katuk ? Sejak dulu sayuran ini paling direkomendasikan untuk bunda yang sedang menyusui, karena daun katuk memiliki 7 % protein, 19 serat kasar serta vitamin K, vitamin A(Beta karoten), vitamin B dan C yang bermanfaat untuk melancarkan ASI pasca melahirkan.



0 Response to "17 Makanan Sehat Pelancar ASI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel