Cara Membersihkan Karang Gigi atau Plak Gigi Tanpa Harus Pergi ke Dokter

Cara Membersihkan Karang Gigi atau Plak Gigi Tanpa Pergi ke Dokter - Karang gigi merupakan kotoran yang dihasilkan dari sisa makanan yang masih menempel pada gigi. Dalam istilah kedokteran disebut juga dengan plak. Plak gigi dapat dicegah hanya dengan menggosok gigi secara rutin, namun jika anda orang yang malas menggosok gigi maka plak akan terus berkembang menjadi kerak. Gigi yang sudah terlanjur berkerak akan sangat sulit dihilangkan, sehingga butuh penanganan khusus dalam menghilangkannya.


membersihkan karang gigi

Pada umumnya karang gigi yang menempel berwarna kuning kehitaman. Bagi anda yang setiap harinya berjumpa dan berkomunikasi dengan banyak orang tentu ini merupakan masalah yang serius. Maka setiap orang yang melihat akan cenderung menilai anda sebagai pribadi yang jorok, karena tidak memperhatikan kebersihan gigi.


Baca Juga: Cara Ampuh Mengobati Sakit Gigi Berlubang

Selain itu plak yang dibiarkan akan terus menggerogoti gigi hingga gigi menjadi gampang keropos dan berlubang. Plak gigi ini kemudian akan menyebar keseluruh bagian gigi dan menimbulkan bau yang tidak sedap, itu karena ada bagian gigi yang membusuk akibat dari fermentasi bakteri yang menghasilkan asam pada sisa makanan.



Penyebab Karang Gigi dan Cara Membersihkannya


Seperti yang sudah disinggung di atas, biasanya karang gigi disebabkan oleh sisa makanan yang masih menempel. Dan mungkin jika anda merasa bahwa anda sudah rutin menggosok gigi, tetapi pada kenyataannya karang gigi masih bersarang. Mungkin ada penyebab lain, seperti menyikat gigi secara terburu-buru, menyikat gigi dengan asal-asalan, atau selalu menkonsumsi makanan yang manis-manis. Merokok juga merupakan salah satu penyebab mengapa karang gigi anda tidak pernah bisa hilang.


Setelah kita mengetahui penyebab dari karang gigi, berikut adalah cara membersihkan karang yang sudah terlarnjur bersarang di gigi anda.


Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Berlubang Pada Anak


1. Sikat Gigi Secara Rutin

Sebenarnya cara ini lebih cocok sebagai pencegahan, akan tetapi jika anda rutin menggosok gigi secara benar (tidak asal-asalan) maka karang gigi akan dapat hilang secara perlahan. Bersihkan gigi anda sampai ke sela-sela gigi agar sisa makanan tidak menumpuk di gigi dan gusi, dan jangan hanya sikat gigi pada saat mandi saja, tetapi juga setelah makan dan sebelum tidur. Jika karang gigi belum juga hilang, coba ganti pasta gigi dengan pasta gigi khusus.

2. Menggunakan Pasta Gigi Khusus

Pasta gigi juga menentukan dalam upaya menghilangkan karang gigi. Pilih pasta gigi yang mengandung kadar flourid dan tartar tinggi. Sebab kandungan zat tersebut sangat mujarab untuk mengilangkan karang gigi yang membandel.

3. Flossing

Flossing adalah kegiatan dimana sela-sela gigi dibersihkan dengan menggunakan benang khusus atau disebut juga dental floss. Sisa makanan yang sulit dijangkau dapat dengan mudah dibersihkan dengan teknik ini. Dan sudah banyak orang yang mengetahui teknik ini, tapi masih jarang yang melakukannya.

4. Kulit Jeruk

Sejak dulu kulit jeruk dipercaya ampuh untuk menghilangkan karang gigi, dan ternyata memang benar. Kulit jeruk mengandung Vitamin C dan serat yang ampuh merontokan karang pada gigi. Caranya sangat mudah, anda bisa menggosok-gosokan kulit jeruk kebagian dalam gigi anda. Lakukan cara ini setelah anda makan dan sebelum tidur. Teknik ini juga ampuh menghilangkan bau mulut.

5. Cengkeh

Selain kulit jeruk, cengkeh juga ampuh dalam membersihkan plak yang membandel. Caranya tinggal menggosokan cengkeh digigi anda yang terindikasi plak yang membandel, setelah itu lanjutkan dengan berkumur.

6. Menkonsumsi Strawberry

Vitamin C pada strawberry bisa membantu membersihkan dengan cara mengikis karang gigi dengan cepat. Caranya adalah rutin menkonsumsi strawberry sehabis makan.

7. Menkonsumsi Apel

Selain Strawberry, Apel juga bisa membersihkn karang gigi. Caranya masih sama, yaitu hanya menkonsumsinya saja. Apel memiliki zat-zat yang bisa mengurangi krang gigi karena kandungan Vitamin C nya.

8. Menkonsumsi Melon

Serat alami pada melon sangat baik untuk meningkatkan produksi air liur. Selain dapat menghilangkan plak, mulut juga akan terjaga kebersihannya.

9.  Biji Asam Kawak

Anda dapat menghilangkan karang gigi dengan cara ini, mungkin terdengar agak asing ditelinga anda. Namun cara ini patut anda coba. Caranya dengan menumbuk asam kawak ini sampai halus, kemudian gunakan sebagai pasta untuk menggosok gigi.

10. Mengunyah Biji Wijen

Anda dapat menghilangkan karang gigi dengan menggunakan biji wijen. Caranya cukup kunyah biji wijen selama 4-5 menit, tapi jangan sampai tertelan atau memakannya. Kemudian sikat dengan menggunakan sikat gigi, lalu kumur-kumur samapi bersih.

11. Dengan Baking Soda

Tidak hanya sebagai bahan tambahan kue, baking soda juga berguna untuk menghilangkan plak pada gigi. Caranya mudah, cukup oleskan baking soda pada sikat gigi anda, lalu bersihkan gigi anda seperti saat anda menggosok gigi dengan pasta gigi. Kemudian berkumurlah dengan air bersih. 

12. Menggunakan Lidah Buaya

Banyak manfaat yang diambil dari lidah buaya. Salah satunya adalah menghilangkan karang gigi. Zat pada lidah buaya juga dapat membunuh bakteri yang menyebabkan penumpukan plak. Caranya : Kuliti lidah buaya dan ambil isi/ gelnya saja. Lalu gosok perlahan pada gigi anda. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

0 Response to "Cara Membersihkan Karang Gigi atau Plak Gigi Tanpa Harus Pergi ke Dokter"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel