52 Herbal Tradisional Untuk Mengobati Diabetes (Penyakit Gula)

52 Herbal Tradisional Untuk Mengobati Penyakit Diabetes (Penyakit Kencing Manis) -  Diabetes dianggap sebagai penyakit berdasarkan riwayat keluarga atau keturunan, dimana penderita mengalami kelainan pada fungsi pankreas yang tidak bisa memproduksi insulin sendiri. Namun pada kenyataannya tidaklah demikian, meski tidak memiliki riwayat penyakit gula sama sekali, seseorang juga bisa terkena penyakit berbahaya ini akibat selalu merapkan pola hidup tidak sehat.

Baca Juga : Cegah Diabetes dengan Menjalani Pola Hidup Sehat

Nah, apabila hal tersebut terjadi pada Anda, mulailah jalani hidup yang lebih sehat dengan tidak mengkonsumsi makan makanan yang memicu naiknya gula darah. Selain itu Anda juga harus banyak menggerakan anggota tubuh, istirahat yang cukup serta kurangi aktivitas rokok. Pola hidup seperti itu akan membantu Anda dalam menurunkan gula darah. Sebagai pelengkap Anda bisa menggunakan beberapa tanaman herbal untuk mengobati diabetes secara alami berikut ini.


herbal tradisional alami untuk penyakit diabetes

1. Pare pahit
Cara terbaik melawan penyakit gula adalah dengan menggunakan pare pahit. Senyawa aktif pada pare bisa membantu menurunkan kadar glukosa darah. Ini karena meningkatnya sekresi insulin pada pankreas. Anda bisa membuat jus pare setiap pagi atau membuat tumis pare sebagai menu makan siang.

2. Asparagus
Namanya hampir mirip dengan astragalus, namun jenis tanaman ini jelaslah berbeda. Asparagus adalah sejenis tanaman rebung yang banyak digunakan sebagai bahan makanan. Diuretik ringan pada tanaman ini bermanfaat untuk mengendalikan diabetes. Para ilmuwan juga menemukan bahwa rutin mengkonsumsi sayuran yang populer di inggris ini bisa meningkatkan produksi insulin dalam tubuh.

3. Ekstrak Astragalus
Astragalus memiliki zat yang bisa membantu tubuh beradaptasi dengan stres (adaptogen). Ketika berumur 4 tahun, tanaman asal china dan korea ini bisa dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit termasuk diabetes. Sebuah studi pada jurnal Acta Pharmacologica Sinica menemukan bahwa ekstrak astragalus dapat menurunkan sifat racun dan kadar glukosa dalam darah. Ekstrak plisakaridanya mampu menurunkan racun glukosa dengan mengaktifkan enzim penting yang ada dalam sel. Enzim ini berpengaruh besar terhadap pemecahan lemak dan sekresi Insulin.

4. Prem / Plum hitam
Buah prem mungkin termasuk buah yang jarang dikonsumsi di indonesia, namun siapa sangka ternyata buah yang dikenal dengan nama indian black berry ini mampu melawan penyakit diabetes. Kandungan senyawa anthocyanin, asam ellagic dam hydrolysable tannis pada buah prem bisa membantu menurunkan kadar gula darah.

5. Gingseng

Gingseng merupakan tanaman legendaris yang dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sejak 2000 tahun lalu, beberapa negara di Asia juga sudah memanfaatkan gingseng sebagai ramuan penambah tenaga. Di indonesia sendiri, gingseng banyak digunakan untuk pengobatan tradisional. Aroma khas gingseng sering dimanfaatkan terapis untuk mengurangi tingkat stres pasiennya. Gingseng juga mampu meningkatkan sistem imun pada tubuh manusia, melawan virus penyebab flu hingga masuk angin. Tak hanya sampai disitu saja, ternyata tingkat gula darah dapat turun drastis hingga 9 % lebih dengan mengkonsumsi tanaman ajaib ini.

6. Ginkgo Biloba
Tanaman ini adalah salah satu jenis pohon tertua yang pernah ada. Masyarakat Amerika Serikat dan Eropa menggunakan tanaman ginkgo biloba sebagai suplemen herbal, karena khasiatnya dalam melancarkan peredaran darah sertangkatkan fungsi mental. Sedangkan untuk diabetes, Ginkgo mampu meningkatkan intensitas insulin, sehingga gula darah dapat terkontrol dengan baik.

7. Daun Murbei
Hasil studi menemukan dibandingkan dengan Glibenclamide, daun murbei atau mulberry lebih signifikan dalam mengurangi glukosa darah. Senyawa aktif streptozotocin atau aloksannya mampu menginduksi glukosa darah sehingga diabetes dapat dihindari. Sebagian besar wilayah di Asia, memakai daun murbei ini untuk terapi penyakit diabetes tipe 2.

8. Daun Sambiloto
Tanaman dengan daun yang pahit rata-rata memiliki khasiat dalam menyembuhkan penyakit diabetes. Seperti herbal satu ini, sambiloto memiliki khasiat menstabilkan glukosa darah. Senyawa flavonoid pada daun sambiloto mampu merangsang tubuh untuk memproduksi cukup insulin. Sehingga glukosa darah dapat dikontrol dengan baik. Anda bisa meminum air rebusan daun sambiloto secara teratur untuk pengobatan penyakit diabetes.

9. Daun Salam
Daun salam merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang biasa digunakan sebagai penyedap masakan. Namun bagi dunia medis, daun salam bisa dijadikan sebagai tanaman herbal untuk mengatasi penyakit diabetes. Anda cukup merebusnya dalam air, kemudian meminum air rebusannya. Insya Allah gula darah anda bisa kembali normal seperti biasanya.

10. Daun Sirsak
Sudah banyak orang yang mengetahui manfaat dari daun sirsak. Beberapa uji klinis juga menemukan bahwa daun sirsak dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Air rebusan daun sirsak bisa melawan penyakit diabetes dan sel kanker. Untuk itu penderita diabetes sangat dianjurkan mengkonsumsi air rebusan daun sirsak secara rutin.

11. Daun Pegagan
Daun ini tumbuh liar seperti rerumputan atau alang-alang. Daunnya berwarna hijau dam berbentuk bundar. Ternyata daun ini bisa dimanfaatkan sebagai herbal untuk mengobati penyakit diabetes.

12. Daun Mangga
Daun mangga muda dianggap sebagai cara yang ampuh untuk melawan diabetes. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu merendamnya dalam air semalaman, dan menyaring air kemudian diminum. Selain direndam, daun mangga bisa juga digilling atau dikonsumsi seperti sayuran pada umumnya.

13. Daun Yakon

Daun yakon dikenal sebagai daun insulin yang seringkali disamakan dengan daun paitam, namun keduanya jelas berbeda. Tanaman yakon memiliki akar umbi, dan air rebusan daun yakon tidak terlalu pahit, ridak seperti daun paitan, tapi keduanya mampu bekerja cepat dalam menurunkan kadar gula darah.

14. Daun Kencana Ungu / Ceplikan
Tanaman ini secara ilmiah mampu menurunkan gula darah dalam 1 - 2 hari berikutnya. Minumlah air rebusan daun pletekan ini. Jika sudah kembali normal, Anda bisa berhenti menggunakan ramuan ini.

Catatan : ramuan ini hanya untuk penderita diabetes yang tidak ada komplikasi gagal ginjal, karena sudah terbukti dapat meningkatkan ureum dan kreatinin. Sehingga Anda harus jeli dalam mengkonsumsinya.\

15. Brotowali
Herbal ini dikenal sebagai Analgesik yang bersifat menghilangkan rasa sakit dan anti piretik (menurunkan panas). Pada batang brotowali bisa dijadikan untuk obat herbal diabetes alami. Batang brotowali memiliki rasa pahit tapi menyejukan, dan beberapa hasil penelitian menemukan bahwa air ekstrak batang brotowali memiliki sifat hipoglikemik, yang artinya menurunkan gula darah. Hasil penurunan gula darah akan terlihat sekitar 2-3 jam setelah meminum ekstrak batang brotowali.

16. Mengkudu
Buah mengkudu merupakan salah satu alternatif untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, dimulai dari penyakit darah tinggi, hipertensi hingga diabetes. Peneliti menemukan zat proxeronine pada mengkudu berguna dalam mengobati penyakit diabetes. disamping itu senyawa pada mengkudu juga mampu memperbaiki sel beta pankreas yang rusak dan reseptor insulin yang tidak berfungsi dengan baik.

17. Fenugreek
Ramuan fenugreek dipercaya efektif dalam menumpas diabetes dan mengatasi masalah naiknya gula darah. Gunakan benih fenugreek dan kemudian direndam dalam air semalaman, lalu ambil air hasil rendaman fenugreek kemudian diminum.

18. Kayu Manis

Bubuk kayu manis diketahui mampu menurunkan kadar gula darah hingga kisaran normalnya. Dengan demikian, Anda bisa memanfaatkan kayu manis ini sebagai alternatif pengobatan diabetes. Agar lebih efektif campurkan kayu manis dalam secangkir air panas, jika sudah dingin minumlah secara teratur.

19. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan, diantaranya adalah untuk mengatasi diabetes. Bersama daun salam dan kunyit, terbukti secara alami dapat mengurangi gula darah dalam beberapa hari. Selain diabetes lidah buaya juga dapat menyembuhkan wasir, penghilang noda bekas jerawat, serta bisa digunakan sebagai bahan makanan es dan kue.

20. Bawang dayak (Bawang Berlian)
Secara ilmiah bawang berlian terbukti dapat menurunkan kadar gula, ini karena kandungan senyawa eleutherisinoside aktif dalam menurunkan kadar gula darah. Beberapa bukti nyata keampuhan bawang berlian dalam mengobati penyakit diabetes adalah ketika pasien diabetes, bapak Rifwan Sutan Raja di Bojonggede, kab.bogor, kadar gulanya turun dari 394 mg/dl menjadi 234 mg/dl setelah minum kapsul bawang berlian ini selama 8 bulan.

21. Daun kelor
Daun kelor atau nama lainnya disebut marunggai ini terbukti dapat mengobati diabetes. Hasil riset dari departemen Kimia universitas Alahabad, India, menemukan bahwa ektrak marunggai lebih efektif menurunkan kadar gula darah dibandingkan Glipizide (obat rekomendasi para dokter untuk pasien diabetes). Pada riset tersebut, tikus yang semula berkadar gula 300 mg/dl, dinyatakan turun hingga 90 mg/dl setelah diet dengan menggunakan 300 mg ektrak daun kelor dalam 21 hari.

22. Teh Hijau
Siapa yang tidak kenal  teh hijau, tanaman dengan segudang manfaat ini bisa mengatasi berbagai gangguan kesehatan yang ada pada tubuh manusia. Polifenol pada teh hujau mampu meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin. Sehingga dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin, maka kadar gula yang tinggi dalam tubuh akan stabil secara alami.

23. Mahkotadewa

Mahkota dewa bersifat antiradang dan bisa mengobati penyakit disentri, penyakit kulit, dan eksim. Untuk diabetes Anda bisa membuat ramuan herbal dari mahkota dewa dengan cara diris kemudian seduh dengan satu gelas air panas. Tutup dan biarkan hingga larut, setelah dingin minum air mahkotadewa secukupnya.

24. Virgin Coconut Oil (VCO)
Berbeda dengan minyak kelapa yang kita gunakan sehari-hari, minyak VCO melewati beberapa proses dalam pembuatannya. Dimulai proses fermentasi santan kelapa segar, kemudian churning (pemisahan secara sentrigugal), pendingan dan pemberian enzim untuk menghasilkan minyak dari pemisahan dari air atau pelembap. Proses inilah yang membuat VCO mengandung asam lemak jenuh rantai sedang (medium chain fatty atau MCFA) yang tinggi. Yang berperan ganda dalam menginduksi sekresi dan memperbaiki fungsi insulin.

Tanaman herbal alami lainnya yang diketahui dapat mengobati diabetes

25. Daun Kemangi

26. Daun mengkudu


27. Daun Pepaya


28. Daun Sirih


29. Daun Sukun


30. Daun Talok (Kersen)


31. Buah Jambu biji


32. Ketan Hitam


33. Sarang Semut Papua


34. Sawo


35. Daun Sendok


36. Tapak Liman


37. Duwet


38. Daun anting-anting


39. Lamtoro


40. Bawang Putih


41. Bawang Merah


42. Biji Mahoni


43. Biji Rambutan


44. Biji Alpukat


45. Daun Afrika


46. Daun Binahong


47. Daun Bungur


48. Daun Ciplukan


49. Daun Jambu


50. Daun Paitan


51. Herbal Glucoblovk (Herbal Impor)


52. Air Mineral


Baca Juga : 
Manfaat Banyak Minum Air Putih di Malam Hari dan Saat Sebelum Tidur
- 12 Manfaat Minum Air Setelah Bangun Tidur di Pagi Hari

Apabila penyakit diabetes masih stadium awal. Penggunaan herbal cukup efektif dalam melumpuhkan penyakit mematikan ini, namun harus di imbangi dengan pola hidup sehat. Karena herbal sendiri adalah sebagai komplementer, yang berarti hanya bersifat pelengkap. Demikian artikel kesehatan tentang herbal alami untuk mengobati diabetes, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

0 Response to "52 Herbal Tradisional Untuk Mengobati Diabetes (Penyakit Gula)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel