Cara Membuat dan Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email

- Sabtu, Juli 07, 2018
Kirim Lamaran Via Email Lebih Efisien

Tips Kirim Lamaran Via Email — Zaman sudah semakin canggih saja, kian tahun kian meningkat jumlah pelamar kerja yang mencari pekerjaan di Indonesia. Terutama yang baru-baru lulus, entah sekolah ataupun kuliah, pasti ingin melamar pekerjaan yang sudah diharapkannya sejak lama.

Mungkin di kebanyakan orang-orang tersebut masih ada yang memakai cara lama dalam melamar pekerjaan, yakni membawa banyaknya amplop coklat yang didalamnya berisi berkas-berkas untuk melamar.

Jika pelamar kerja menyadari bahwa zaman ini sudah canggih, tidak akan ada lagi yang membuat berkas-berkas seperti itu kemudian ditenteng sambil berjalan di pinggir jalan untuk mencari pekerjaan. Karena, di era modern ini sudah bisa memakai email ketika Anda ingin melamar disuatu perusahaan yang Anda inginkan.

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja dan Cara Membuatnya

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan bagi Anda yang ingin melamar pekerjaan bila melalui email. Keuntungan-keuntungan tersebut antara lain lebih efisien dalam hal kertas, uang, tenaga, dan waktu.

Selain itu, bila Anda sudah masuk ke dalam kriteria perusahaan yang Anda lamar, Anda bisa langsung melihat keputusan perusahaan tersebut, apakah Anda diterima atau tidak.

Karena pada era serba modern ini, tidak seperti zaman dahulu, dimana ketika prekrut karyawan sebuah perusahaan membalas lamaran kerja Anda seminggu kemudian.

Jadi, jangan sampai ketinggalan bagi Anda yang ingin melamar pekerjaan untuk mengkonsumsi internet demi kepentingan suatu hal. Jangan mengkonsumsi untuk sosial media saja. Lalu bagaimana caranya agar Anda bisa diterima dalam suatu pekerjaan dengan lamaran yang menarik via email?

Berikut ini Tips Kirim Lamaran Via Email.


Beberapa Cara Kirim Surat Lamaran Kerja Via Email Yang Harus Diperhatikan


Subject Email
Subject Email adalah salah satu elemen penting dan sangat utama dalam sebuah email. Biasanya, orang yang mengirim email tidak diikutsertakan subject emailnya. Langsung klik option kirim saja. Hal ini terjadi bukan ketika saat orang melamar kerja saja. Namun, ketika ingin mengirim file ke teman rata-rata hal tersebut disepelekan.

Kemungkinan besar ketika melamar pekerjaan via email, karena sudah terbiasa tidak pakai subject email akhirnya ikut lupa juga. Padahal, perekrut sebelum membuka email sudah pasti yang paling utama dilihat adalah subject email nya terlebih dahulu.

Jadi, pantas saja jika Anda lupa mencantumkan subject email, maka email Anda akan dihapus. Karena dianggap tidak ada kepentingan bagi perekrut. Contoh subject yang bisa Anda ikuti :

  • [Lamaran Kerja – Akunting] Ria Sirlani (Bisa mencantumkan posisi pekerjaan yang diinginkan)
  • [Sistem Operasi] Lamaran Kerja – Lulusan Universitas Indonesia (Bisa mencantumkan universitas tempat Anda kuliah)
  • [HRD – Lamaran Programmer] Ria Sirlani (Bisa mencantumkan divisi yang ingin dituju).


Body Email
Tips Kirim Lamaran Via Email selanjutnya, Anda disarankan untuk memperhatikan body atau isi email. Mengapa? Karena isi email mempengaruhi penilaian perekrut pada isi pesan Anda, apakah Anda benar-benar berniat untuk bekerja atau tidak.

Perekrut biasanya akan melihat kejelasan siapa Anda, tujuan Anda melamar pekerjaan, rekapan tentang apa saja yang dilampirkan, dan lainnya yang memang perlu Anda cantumkan untuk diketahui bagi perekrut. Agar enak dibaca, ada baiknya body email tidak bertele-tele dan bahasanya harus sopan serta baku.

Baca Juga: Contoh Membuat Surat Lamaran Kerja yang Menarik Untuk Fresh Graduate

Alamat Email
Tips Kirim Lamaran Via Email yang sering diperhatikan juga adalah alamat email. Jangan sesekali menggunakan alamat email yang namanya aneh bahkan jadi terkesan alay dan tidak jelas. Gunakan saja nama lengkap Anda di email yang Anda miliki untuk mengirim lamaran pekerjaan Anda.

Pakailah gmail atau live saja yang lebih banyak penggunanya dan menggunakannya pun mudah. Jika pakai selain dua itu, kemungkinan dianggap angina lewat oleh perekrut atau tidak dilihat karena adanya ketidakjelasan.

Bila Anda memiliki modal, Anda bisa menggunakan alamat email yang membawa kesan profesional terhadap Anda yang menggunakan domain custom.

Lampiran 
Lampiran lamaran pekerjaan di email, ada baiknya tidak melebihi 2 MB. Sebab, Anda akan kesulitan mengirimnya bahkan memasukkan lampirannya pun akan gagal terus. Selain itu, bisa-bisa email Anda tidak bisa dibuka dari perusahaan yang Anda tuju.

Sebab, mailserver yang dimiliki perusahaan akan berbeda ukurannya, apalagi untuk menampung ratusan/ ribuan pelamar. Tips Kirim Lamaran Via Email untuk lampiran, bisa Anda ubah dalam bentuk PDF. Kamu bisa meubah jenis file dari Word ke PDF.

Karena PDF lebih ringan formatnya dan dapat dibuka dimana saja. Satu lagi, jika lampirannya lebih dari 10, Anda bisa kompres file lampiran Anda ke dalam bentuk ZIP atau RAR. Jadi, perekrut bisa tetap membukanya dalam satu wadah.

Sekian cara membuat dan mengirim surat lamaran melalui email. Semoga dapat memperjelas langkah Anda dalam mengirim lamaran via email. Semoga berhasil!

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search