Cara Setting Frekuensi Repeater (Duplex) HT Baofeng UV-5R

Handy Talky buatan China mulai mendominasi pasar radio komunikasi di Indonesia. Pasalnya HT China memiliki harga paling murah Jika dibandingkan dengan HT buatan Jepang dan Amerika serikat. Namun meski harganya murah, HT dari negeri tirai bambu tersebut tidak kalah bagus dari segi kualitas dan peforma. Sehingga membikin HT China kian diminati oleh kalangan pelaku bisnis hingga kolektor radio komunikasi.

HT Baofeng UV 5r disebut-sebut sebagai Portable Two-Way Radio China terbaik saat ini. Ia memiliki dual channel frekuensi (Dual Band) VHF dan UHF. Harga murah, Kualitas suara jernih, body kokoh hampir menyamai handy talky jepang seperti Icom dan Alinco. Spesifikasinya pun sama dengan HT buatan jepang yang harganya mencapai 3 juta rupiah.

Kapasitas batrai lithiumnya bisa sampai 1800 mAh. Menurut saya kapasitas baterai seperti itu cukup lumayan untuk sekelas radio seperti baofeng. Kelebihan lain UV-5R yaitu memiliki 50 tone dan Fungsi VOX. Jika Anda tidak tahu apa itu Fungsi VOX, saya akan mencoba menjelaskan lebih detail.

Fungsi VOX memudahkan Anda dalam berkomunikas dua arah. Sederhananya, Jika mau bicara ke lawan bicara, Anda tidak perlu tekan PTT. Dan tidak perlu lepas PTT jika ingin mendengarkan. PTT itu sendiri singkatan dari Push to Talk, yang artinya Anda harus tekan dan tahan dulu kalau ingin membalas lawan bicara.

Kalau Anda sedang bosan ketika sedang berjaga atau lembur kerja. Fitur radio FM siap menemani dan menghibur Anda. Selain itu Baofeng UV 5R memiliki lampu senter yang bisa membantu Anda melihat sekitar ketika mati listrik atau di dalam kegelapan. HT Baofeng juga dilengkapi dengan Fitur Alarm. Fitur tersebut berguna untuk mengingatkan lawan bicara agar merespon percakapan Anda sebelumnya.

HT ini mendukung untuk disetting reperater atau bahasa lainnya duplex. Jika Anda belum paham cara settingnya, berikut saya bagikan Langkah-langkah Setting Frekuensi Reperater HT Baofeng UV-R5. Ikuti step by step ya!!

cara setting ht baofeng uv 5r

Cara Setting Frekuensi Repeater (Duplex) Handy Talky Dual Band Baofeng UV-5R / UV-5RA / UV-5RE Plus 

Contoh untuk kasus ini kita menggunakan RX: 439.000 MHz dan TX: 437.000 MHz (UHF) TONE: 94.8 Hz

Non Aktif Fitur Dual Wacth

  1. Hidupkan radio
  2. Tekan tombol Menu, kemudian masuk ke menu #7 dengan menekan tombol angka 7, lanjutkan ke Menu TDR: ON / OFF
  3. Tekan tombol Menu (tanda panah akan berpindah ke bawah), tekan tombol panah ke atas / ke bawah sampai tampilan pada layar menunjukkan pilihan OFF
  4. Tekan tombol Menu untuk simpan
  5. Tekan Exit untuk keluar dari Menu.


Non Aktif Fitur Repeater Tail Tone Elimination

  1. Tekan tombol Menu. kemudian masuk ke menu #35 dengan menekan tombol angka 3 dan 5, lanjutkan ke Menu STE (Repeater Tail Tone Elimination) untuk menghilangkan transmisi akhir dengan tone dari repeater
  2. Tekan tombol Menut (tanda panah akan berpindah ke bawah), tekan tombol panah ke atas atau ke bawah sampai tampilan pada layar menunjukkan pilihan OFF. Ini dilakukan supaya Fitur Repeater Tail Tone menjadi OFF.
  3. Tekan tombol Menu untuk simpan
  4. Tekan Exit untuk keluar dari Menu.


Setting TX Tone dan T-CTCS

  1. Tekan tombol V/M (VFO/Memory) untuk berpindah ke Mode VFO (Tombol warna Orange)
  2. Setting TX Tone (Hz), Masuk ke menu #13 dengan menekan tombol angka 1 dan 3, Setting Tone untuk TX (T-CTCS)
  3. Tekan tombol Menu dan tekan tombol atas / bawah untuk berpindah ke frekuensi Tone (Hz). Pilihlah frekuensi Tone yang disesuaikan dengan standar pada repeater yang ingin digunakan (frekuensi 94.8 Hz)
  4. Tekan tombol Menu untuk simpan
  5. Tekan Exit untuk keluar dari Menu.


Setting Repeater OFFSET (Geseran frekuensi TX dan RX mengikuti frekuensi TX dan RX repeater)

  1. Tekan tombol Menu, kemudian masuk ke Menu #26 dengan menekan tombol angka 2 dan 6. Selanjutnya silahkan masuk ke Menu OFFSET
  2. Tekan tombol Menu untuk mengubah nilai OFFSET Frekuensi yang akan digunakan. Contoh nilai 02.000 untuk 2 MHz
  3. Tekan tombol Menu untuk simpan perubahan
  4. Tekan Exit untuk keluar dari Menu.


Setting Frekuensi SHIFT ( + atau –)

  1. Tekan tombol Menu, kemudian tekan tombol angka 2 dan 5 untuk masuk ke Menu #25 (SFT-D /SHIFT)
  2. Tekan tombol Menu dan pilih + atau - dengan menekan tombol panah atas / bawah untuk mengubah nilai SHIFT, contoh yang kali ini kita gunakan adalah nilai SHIFT -(minus)
  3. Tekan tombol Menu untuk simpan perubahan
  4. Tekan Exit untuk keluar dari Menu. Perhatikan dibagian atas display, seharusnya akan muncul tanda minus (-).


Memasukkan Nilai Frekuensi RX (Contoh dalam hal ini kita masukkan frekuensi 439.000 MHz)

  1. Masuk ke mode VFO
  2. Untuk Setting Channel Memory, tekan tombol Menu, kemudian tekan tombol angka 2 dan 7 untuk masuk ke Menu #27
  3. Tekan kembali tombol Menu untuk memilih nomer Channel memory yang akan digunakan untuk menyimpan seluruh settingan. Misal: masuk ke channel Memory #18 (Pastikan Channel Memory yang akan digunakan masih kosong /  belum ada isi / belum terpakai). Jika masuk pada Menu #27, tekan tombol atas / bawah hingga memperoleh tulisan MEM-CH dan baris bawahnya hanya bertuliskan angka - ini artinya Channel Memory masih kosong.Jika ada tulisan CH- didepan angka 018 (CH-018), maka artinya memory #18 sudah digunakan. Supaya bisa menggunakan Channel Memory tersebut, maka Anda harus menghapusnya. Dalam Cara Setting HT Baofeng ini kita bahas cara penggunaan Channel Memory yang masih kosong saja.
  4. Selanjutnya ke tahap penyimpanan Frekuensi RX - Setelah masuk ke Menu #27 dan Channel Memory kosong. Tekan tombol Menu sekali lagi untuk melakukan penyimpanan Frekuensi RX yang akan digunakan. Jika penyimpanan berjalan mulus, maka akan ada suara pemberitahuan "Receiving Memory" dari speaker radio, dan akan ada tulisan CH- di depan angka 018 (CH-018) - Memory #18 kini telah digunakan. Langkah penyimpanan Frekuensi RX Repeater di Channel Memory nomer 18 selesai
  5. Tekan tombol Exit untuk keluar dari Menu.


Setting Frekuensi TX

  1. Langkah ini adalah langkah paling penting dalam setting HT Baofeng UV-5R - Pastikan radio dalam mode VFO dan frekuensi yang tampil pada display A adalah Frekuensi RX (display frekuensi bagian atas). Dalam contoh kasus ini kita menggunakan 439.000 MHz. –. (–R) dan tampilan frekuensi akan berubah menjadi 437.000 (MHz), minus 2.000 MHz dari 439.000 (MHz). Nilai frekuensi tersebut adalah Frek TX yang nantinya akan disimpan pada Channel Memory #18. Note: Jika Anda tekan tombol scan dan melakukan proses scan, maka fungsi perlu dinonaktifkan dengan tulisan biru pada keypad. Tekan dan tahan tombol A/B (tombol warna biru) dan kemudian tekan tombol SCAN. Apabila kita menekan tombol SCAN 2X maka radio tidak akan melakukan proses scanning, namun malah akan mengaktifkan Menu Reverse (R).
  2. Tekan tombol Menu, kemudian tekan tombol angka 2 dan 7 untuk masuk ke Menu #27 / MEM-CH (atau hanya tombol Menu saja, apabila Menu terakhir yang digunakan adalah Menu #27: MEM-CH). Pastikan Channel Memory CH-018 yang terpilih/tampil
  3. Tekan tombol Menu sekali lagi agar Frekuensi TX tersimpan di Channel Memory CH-018. Jika poroses penyimpanan sukses maka akan terdengar suara "Transmitting Memory". Langkah penyimpanan Frekuensi TX 437.000 MHz di Channel Memory #18 selesai
  4. Tekan tombol Exit untuk keluar dari Menu
  5. Proses setting Selesai.


Jika Anda ingin menggunakan settingan Channel nomer 18 yang sudah dibuat sebelumnya. Tekan tombol V/M untuk berpindah ke Mode Channel. Silahkan pilih Channel Memory 18 dan silahkan diuji coba sendiri. Note: pastikan display bagian atas radio menampilkan tanda +-. Apabila PTT ditekan untuk TX maka frekuensi yang digunakan akan secara otomatis berpindah ke 437.000 MHz, sedangkan pada kondisi monitor / RX frekuensi yang digunakan yaitu 439.000 Mhz. Pada frekuensi TX akan muncul tulisan CT dibagian kiri layar. Hal tersebut menndakan bahwa Tone CTCSS 94.8 Hz digunakan ketika TX mengaktifkan fitur Tone Squelch yang digunakan oleh repeater.

0 Response to "Cara Setting Frekuensi Repeater (Duplex) HT Baofeng UV-5R"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel