Penyebab Printer Epson Tidak Mau Mengeluarkan Tinta Saat Mencetak

Halo sobat muezaa, salam sejahtera untuk kita semua. Kali ini muezaa mau bahas penyebab printer Epson tidak mau mengeluarkan tinta saat mencetak. Kenapa bisa demikian? nah bagi Anda yang memiliki masalah seperti ini silahkan baca artikel ini sampai habis ya.

Penyeban Tinta Epson Tidak Mau Mengeluarkan Tinta Saat Mencetak

Saat ini banyak sekali beredar merek printer yang menawarkan banyak fitur, kecanggihan serta keunggulannya. Meski demikian tidak jarang kita temui permasalahan yang muncul atau Trouble Shoot. Masalah tersebut biasanya terjadi berupa Error atau hal-hal lain yang berdampak pada hasil cetak. Seperti yang kita bahas kali ini, masalah sering muncul yaitu ketika printer tidak mengeluarkan tinta ketika sedang melakukan proses cetak.

Padahal sebelumnya printer terlihat normal-normal saja, tidak ada indikator error sama sekali yang seakan-akan Printer siap Digunakan. Namun sebenarnya masalah baru akan terlihat ketika kita mulai melakukan cetak. Hasil cetak mulai terlihat tidak bagus, tulisan tidak jelas, dan pudar, bergaris putus-putus, bahkan tidak tercetak sama sekali.

Jika Anda ingin mengetahui tinta mana yang tidak berkerja dengan baik adalah dengan melakukan pengecekan melalui Nozzle Check. Disitu kita bisa mengetahui apakah tinta hitam atau tinda warna yang bermasalah.

Seperti hal yang saya alami ketika cek di Nozzle Check warna tinta hitam yang tidak tercetak sempurna alias putus-putus. Padahal saya sudah melakukan Head Cleaning berkali-kali namun hasilnya tetap sama saja. Sangat mengherankan bagi saya dan dengan kondisi seperti ini membuat saya jengkel karena kualitas foto yang jauh dari harapan. Saya terus bertanya-tanya kenapa masalah ini bisa terjadi? dan pada akhirnya saya menemukan jawabannya, bagi Anda yang senasib dengan saya silahkan baca artikel ini sampai selesai. Insha Allah ketemu jalan keluarnya.

Mengapa tinta printer Epson tidak mau keluar saat mencetak? Padahal sudah berkali-kali melakukan test dan head cleaning? mungkin kalian bertanya-tanya seperti ini. Lalu apa penyebab sesungguhnya? begini, berdasarkan pengalaman saya sendiri selama menjadi pengurus perlengkapan IT di kantor, ada dua kemungkinan yang paling mendasar:

Penyebab Printer Epson tidak Mengeluarkan Tinta Ketika Mencetak


1. Penyebab pertama mengapa Tinta Printer Tidak Mau Keluar Saat Mencetak adalah ada kemungkinan didalam catridge/ciss banyak rongga udara atau lebih banyak udara dibanding isi tinta itu sendiri. Jadi ketika proses mencetak, Head malah menyemprotkan udara sekaligus tinta sehingga timbul guratan-guratan/garis putus-putus dikertas.

Hal ini umum terjadi dan yang menjadi penyebab utamanya adalah kita sering telat melakukan pengisian. Sebaiknya biasakan isi tinta sebelum catridge benar-benar kosong / habis. Sehinga tidak Anda tidak akan mengalami kendala seperti itu. Usahakan pengisian tinta minimal ketinggian 1 cm pada catridge.

Lalu bagaimana solusinya jika sudah terlanjur seperti itu? solusinya mudah, silahkan Anda keluarkan semua udara yang ada pada Catridge Printer. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda baca diartikel kami sebelumnya Solusi Mengatasi Tinta Tidak Keluar Pada Printer Epson.

2. Penyebab kedua mengapa Tinta Printer Tidak Mau Keluar Saat Mencetak adalah karena Head mampet. Head tersumbat karena tinta mengering sehinga menutupi lubang Nozzle Catridge tersebut, menjadikan hasil cetak menjadi tidak bagus. Pada umumnya kendala seperti ini biasa terjadi pada printer yang jarang digunakan / melakukan aktivitas cetak-mencetak, yang pada akhirnya mulut Nozzle mengering.

Jadi bagaimana agar tinta tidak gampang kering meski printer jarang kita gunakan? ini balik lagi kepada jenis tinta yang kita beli. Saran saya sebaiknya Anda memilih jenis Tinta Pigmen, mengapa demikian? karena tinta jenis ini terbuat dari bahan dasar Minyak, sehingga tinta tidak akan mudah kering dan otomatis kemungkinan Penyumbatan Head akan jarang terjadi. Berbeda ketika kita lebih memilih Tinta Dye. Tinta jenis ini berbahan dasar Air, sehingga resiko cepat keringnya jauh lebih tinggi dibanding kita menggunakan Tinta Pigmen.

Lalu apakah ada solusi jika kita sudah terlanjur menggunakan Tinta Dye sehingga terjadi kendala tidak bisa mengeluarkan tinta saat mencetak? Tentu saja ada, terlebih jika catridge masih dalam keadaan baik atau tidak ada tanda kerusakan sama sekali, ada cara ampuh untuk mengatasinya. Begini cara memberihkan Headnya: Silahkan sediakan Cleaner (banyak dijual dimarketplace seperti tokopedia atau bukalapak). Kemudian masukan Cairan Head Cleaner ke dalam Head yang mamper dengan bantuan suntikan.

3. Penyebab terakhir kenapa Printer Tidak Mau Keluar Saat Mencetak adalah ada kemungkinan Head mengalami kerusakan atau Broken Nozzle. Hal ini biasanya dikarenakan printer selalu melakukan pekerjaan berat, seperti terlalu banyak mencetak dan mengeluarkan tinta, sehingga terjadi Over Head. Head menjadi panas dan Nozzle berakhir pada kerusakan.

Oleh sebab itu, Jika Anda mencetak dokumen dalam jumlah banyak misalkan 200 lembar atau gambar yang membutuhkan banyak tinta, sebaiknya memberikan jeda. Biarkan Head printer kembali dingin, karena jika dipaksa ada kemungkinan head akan kepanasan dan mengalami kerusakan.

Meski ada beberapa printer Epson yang mampu mencetak dokumen dalam jumlah besar, misal epson L (sudah saya buktikan sendiri), namun ada beberapa printer Epson yang tidak bisa dipaksa untuk mencetak banyak. Oleh karena itu sebaiknya kita ikuti langkah amanya saja.

Apabila masalah terjadi karena kerusakan, solusinya adalah maka mau tidak mau kita harus mengganti Head dengan yang baru. Sesuai dengan Printer Epson yang kita gunakan.


Itulah 3 Penyebab Kenapa Printer Epson Tidak Mau Mengeluarkan Tinta Saat Mencetak. Tulisan ini dibuat menurut pengalaman saya ketika bekerja disebuah perusahaan yang sehari-harinya menggunakan Printer Epson. Semoga tulisan ini dapat membantu Anda memecahkan masalah dan bisa lebih bijak serta waspada dalam kerusakan Printer Anda. Sekian dan Terimakasih.

0 Response to "Penyebab Printer Epson Tidak Mau Mengeluarkan Tinta Saat Mencetak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel